kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Inilah saham-saham bank rekomendasi analis pasca pemangkasan suku bunga BI


Senin, 26 Agustus 2019 / 04:24 WIB
Inilah saham-saham bank rekomendasi analis pasca pemangkasan suku bunga BI
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia

Reporter: Yasmine Maghfira | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Suku bunga Bank Indonesia (BI) kembali dipangkas untuk kedua kalinya tahun ini. Seperti yang diketahui, dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada Kamis (22/8) lalu, BI memutuskan untuk menggunting suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate (BI7DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,5%. Sebelumnya, BI memangkas suku bunga acuannya dari 6% menjadi 5,75% pada Juli 2019 lalu. 

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan penurunan suku bunga acuan tentu menjadi sentimen positif untuk emiten perbankan. Sebab, Nafan menilai penyaluran kredit perbankan berpotensi akan meningkat.

Secara teknikal, hal itu juga terbukti dari pergerakan saham sektor keuangan yang meningkat setelah BI mengumumkan keputusan kebijakan moneternya.

Baca Juga: Saham sektor media masih prospektif berkat pengembangan bisnis digital

"Rabu dan Kamis kemarin, saham-saham emiten mengalami pelemahan menjelang hasil Rapat Dewan Gubernur BI. Pelaku investor menunggu. Namun, usai pengumuman penurunan suku bunga, otomatis terjadi kenaikan pada sektor keuangan," ujar Nafan kepada kontan.co.id, Jumat (23/8).

Nafan menambahkan kenaikan saham sektor keuangan rata-rata ditopang oleh bank-bank BUKU IV. Ia memproyeksi saham emiten perbankan khususnya bank BUKU IV akan memiliki prospek yang bagus.

Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pada Jumat (23/8), indeks sektor keuangan naik 0,06% atau setara 0,69 poin. Sementara, pada Kamis (22/8), indeks tersebut juga menguat 0,29% atau 5,8 poin. 

Baca Juga: Founder komunitas Investor Saham Pemula: Jangan takut jadi investor saham

Data BEI juga mencatatkan saham bank-bank buku IV yang menguat usai pengumuman BI, antara lain PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menguat 0,49% di level Rp 4.070 per saham, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) stagnan di level Rp 7.225 per saham, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) naik 0,33% di level Rp 7.600 per saham, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menguat 0,42% ke level Rp 30.000 per saham, PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) Tbk naik 0,47% di level Rp 1.065 per saham, dan PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) menguat 0,68% Rp 1.470 per saham.

Meski harga sejumlah saham bank sudah naik, Nafan menilai masih ada peluang harga saham emiten perbankan kembali naik. Namun, hal itu bergantung dengan kinerja fundamentalnya.

"Secara PBV, sudah naik tinggi. Akan tetapi, selama bank bisa meningkatkan kinerja yang positif serta berkomitmen dalam membagikan dividen, maka investor akan terus mengapresiasi," tambah Nafan.




TERBARU

Close [X]
×