kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Founder komunitas Investor Saham Pemula: Jangan takut jadi investor saham


Minggu, 25 Agustus 2019 / 16:39 WIB

Founder komunitas Investor Saham Pemula: Jangan takut jadi investor saham
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah investor pasar modal tanah air terus mengalami peningkatan. Berdasarkan catatat PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), hingga Agustus 2019 jumlah investor di pasar modal Indonesia sudah mencapai 2 juta lebih.

Meski demikian, angka ini terbilang masih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta jiwa.

Padahal saat ini akses ke pasar modal sudah sangat terbuka lebar. Selain akibat kemajuan teknologi, deregulasi di bidang pasar modal juga turut mendorong tumbuhnya investor domestik.

Salah satunya adalah aturan penurunan jumlah minimal pembelian saham, dari satu lot yang jumlahnya 500 saham kini turun menjadi 100 saham. Selain itu, kini masyarakat juga bisa membuka rekening saham dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Simak kisah komunitas investor saham pemula (ISP) yang diakui Bank Dunia

"Bersyukurlah kita hidup di Indonesia dimana aturan bursanya minimal masih 100 lembar dengan harga masih sangat terjangkau," ujar Founder Komunitas Investor Saham Pemula (ISP) Frisca Devi Choirina di JCC Senayan, Sabtu (24/8).

Ditambah lagi, menurut perempuan asal Pekalongan ini pasar modal Indonesia sudah sangat berkembang pesat. Berbeda dengan saat pertama dirinya memulai menjadi investor pada 2009 lalu.

Ia yakin pasar modal Indonesia akan semakin berkembang dan prospektif ke depannya. "Kalau sekarang IHSG sudah di level 6000-an, saya yakin sekali nanti akan mencapai level 10.000-an," ungkapnya saat ditemui usai acara Seminar Komunitas Investor Membangun Pasar Modal Indonesia.

Baca Juga: Simak tips aman berinvestasi saham ala founder komunitas Investor Saham Pemula
 
Untuk itu, Frisca mengajak masyarakat agar tidak takut untuk masuk ke pasar modal dan menjadi investor saham.

Menurutnya, untung rugi ketika bermain saham adalah hal yang biasa. Frisca pun tidak menampik bahwa kondisi pasar yang fluktuatif saat ini mempengaruhi mental dan psikologis para investor khususnya investor pemula. Namun baginya yang terpenting adalah bagaimana para investor bersikap tenang dalam menghadapi ketidakpastian pasar saat ini.

Jika dilakukan dengan serius, Frisca meyakini cuan dari saham dapat menambah pundi-pundi kekayaan. "Ternyata pasar modal bisa menjadi salah satu pintu rezeki untuk mencapai kesejahteraan," pungkas Frisca.


Reporter: Akhmad Suryahadi
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×