kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,87   4,27   0.43%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah saham jawara di kuartal III menurut proyeksi analis


Senin, 24 September 2018 / 21:15 WIB
Inilah saham jawara di kuartal III menurut proyeksi analis
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir bulan, tepatnya kuartal tiga ini, ada sepuluh saham yang menunjukkan eksistensi posisinya di deretan sepuluh besar transaksi saham se-Indonesia di Bursa Efek Indonesia. 

Data yang dihimpun Kontan.co.id menunjukkan, hingga Senin (24/9) saham-saham ini jarang terdengar bahkan mampu menembus bursa dengan kenaikan transaksi sahamnya. Adapun emiten tersebut adalah TCPI, RISE, ABBA,AKSI, POLL, RIGS, MAIN, MAPA, SONA dan SHID.

Padahal, kalau boleh melihat beberapa pekan lalu, saham HMSP dan UNVR mampu menjadi saham penekan indeks. 

“Saham-saham ini tidak likuid dan tak IPO. Bisa naik menjadi jawara karena Ditengah-tengah ketidakpastian atau perang dagang AS maupun China memicu kelesuan akan ekspor Indonesia dimana pelaku pasar tengah dibebani dengan melonjaknya mata uang dollar AS," jelas Bertoni Rio, Senior Analyst Research Division Anugerah Sekuritas Indonesia kepada Kontan.co.id, Senin (24/9).

Tak hanya itu adanya pembatasan barang-barang impor, dan potensi suku bunga Indonesia naik seiring The Fed akan turut menaikkan suku bunga lagi menjadi sentimen global cukup tinggi. Ini memicu pendapatan emiten pun mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya dan diperkirakan kinerja emiten akan tumbuh stagnan.

Bertoni juga menyimpulkan bahwa melihat APBN Indonesia 2018, dimana dollar AS diestimasi sebesar Rp 13.400/dollar AS, estimasi tersebut menjadi dasar emiten memproyeksi laba bersih. Namun saat ini rupiah terhadal depresiasi hingga 11% di Rp 14.900 per dollar Amerika Serikat. 

“Belum pelemahan dollar pun bisa mempengaruhi turunnya pendapatan, meningkatnya beban operasional maupun meningkatnya beban keuangan emiten, secara fundamental kinerja tahun turun dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan dari saham-saham cenderung faktor teknikal dimana kondisi jenuh jual terjadi,” ujarnya.

Melihat sepuluh saham jawara ini, Bertoni berpendapat bahwa secara fundamental faktor global akan menjadi pemberat kinerja emiten maksimal atau jauh dari target kinerja tahun sebelumnya. 

“Kinerja emiten pertambangan batu bara maupun pertambangan juga consumer good yang sifatnya ekspor berpeluang bertahan atau stagnan. Bisa beli saham yang koreksi harga dibawah target price atau manfaatkan ketegangan AS dengan China,” sebutnya.

Bertoni menyebut bagi investor direkomendasikan mempertimbangkan secara teknikal emiten yang terkoreksi. Sehingga waktu membeli disarankan untuk emiten yang dibeli dalam jangka waktu pendek atau menengah.

Menurut Bertoni, saham jawara di kuartal tiga tidaklah likuid, maka yang disarankan dibeli adalah saham likuid seperti ADRO Rp 2100, INCO Rp 4100, PTBA Rp 5000, ITMG Rp 30000, ANTM Rp 1000, dan TINS Rp 900.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×