kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   -10,56   -1.11%
  • EMAS932.000 0,65%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Ini strategi pengelolaan reksadana Sucorinvest AM saat pasar obligasi sideways


Rabu, 20 Oktober 2021 / 14:32 WIB
Ini strategi pengelolaan reksadana Sucorinvest AM saat pasar obligasi sideways
ILUSTRASI. Pasar obligasi diproyeksikan akan cenderung sideways hingga akhir tahun ini.

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar obligasi diproyeksikan akan cenderung sideways hingga akhir tahun ini. Pergerakan yield SBN acuan 10 tahun diperkirakan akan tidak banyak berubah dari posisinya saat ini. Adapun, per 19 Oktober, yield SBN 10 tahun berada di level 6,15%. 

Head of Fixed Income Sucorinvest Asset Management Dimas Yusuf mengungkapkan, pihaknya mengekspektasikan yield SBN 10 tahun akan berada di kisaran 6,2%-6,3% pada akhir tahun ini. Menurutnya, sentimen tapering berpotensi akan memberikan dampak negatif, walaupun sifatnya hanya sesaat dan tidak terlalu signifikan.

“Tapi, di satu sisi, pasar obligasi kita saat ini juga minim katalis positif yang bisa mendorong kinerja SBN untuk jangka pendek. Oleh karena itu, kemungkinan akan cenderung sideways hingga akhir tahun,” ungka Dimas kepada Kontan.co.id, Selasa (19/10).

Baca Juga: BI pertahankan suku bunga, intip prospek reksadana pendapatan tetap

Sementara untuk outlook tahun depan, Dimas juga melihat pasar obligasi masih akan cenderung tertekan. Ia pun memasang target yield yang tidak beda jauh dengan tahun ini, yakni sekitar 6,2%- 6,5%. Menurutnya, saham akan jauh lebih diminati dan jadi incaran para pelaku pasar di tengah pemulihan ekonomi.

Selain itu, kenaikan harga komoditas juga berpotensi masih akan berlanjut pada tahun depan. Ditambah lagi, Amerika Serikat juga akan menaikkan suku bunga acuan dan berpotensi membuat yield US Treasury mengalami kenaikan.

Namun, Dimas meyakini, dengan fundamental Indonesia yang saat ini terus membaik, data-data ekonomi juga mulai pulih, rupiah dalam tren menguat, seharusnya spread antara SBN acuan 10 tahun dengan US Treasury tidak terlalu melebar, atau mungkin dapat sedikit turun. Secara umum, ia memperkirakan pasar obligasi masih akan menantang, dan baru memiliki outlook yang positif pada 2023.

Baca Juga: Jelang akhir tahun, investor sebaiknya mulai atur kembali strategi investasi

“Tapi, dari sisi reksadana pendapatan tetap, kinerjanya masih bisa dijaga dan setidaknya memberikan imbal hasil yang optimal. Salah satunya adalah dengan meningkat porsi obligasi korporasi pada portofolio reksadana pendapatan tetap,” imbuh Dimas.

Dia menjelaskan, sejauh ini kinerja obligasi korporasi cukup unggul, serta dari sisi harga dan volatilitas yang lebih terjaga. Oleh karena itu, memperbanyak porsi obligasi korporasi bisa meningkatkan kinerja reksadana pendapatan tetap, apalagi secara kupon yang diberikan juga lebih besar. 

Sejauh ini, ia mengungkapkan strategi yang diterapkan Sucorinvest AM adalah dengan menjaga return yang sudah didapat serta memanfaatkan pembagian kupon ke depan. Sembari menambah porsi obligasi korporasi jika memang terdapat obligasi korporasi yang menarik. 

Baca Juga: Beli Reksadana BNP Paribas di BCA Dapat Cashback Rp 500.000

Dia juga bilang strategi ini kemungkinan masih akan diterapkan untuk tahun depan mengingat potensi kondisi pasar yang belum banyak berubah. Barulah di penghujung 2022 jika sudah ada perubahan kondisi pasar, pihaknya juga akan turut mengubah strategi pengelolaan produknya. 

Dimas memperkirakan pada tahun ini dan tahun depan, produk reksadana pendapatan tetap milik Sucorinvest AM bisa memberikan imbal hasil berkisar di 6,5% - 7%.

“Bagi investor dengan time horizon pendek, bisa pertimbangkan pilih reksadana pendapatan tetap yang porsi obligasi korporasinya besar. Tapi dengan time horizon panjang, semisal 3 tahun ke atas, reksadana pendapatan tetap berbasis SBN bisa jadi pilihan paling menarik,” tutup Dimas.

Baca Juga: AUM industri reksadana tembus Rp 568,64 triliun pada bulan lalu

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×