kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini strategi Medco Energi (MEDC) saat harga minyak anjlok


Minggu, 08 Maret 2020 / 21:57 WIB
Ini strategi Medco Energi (MEDC) saat harga minyak anjlok
ILUSTRASI. Setiap penurunan harga minyak sebanyak US$ 1 per barel, maka akan mengurangi EBITDA Medco hingga US$ 10 juta.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak global terus merosot. Anjloknya harga minyak ini, tentu bakal berdampak terhadap emiten energi seperti PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) merosot 10,1% menjadi US$ 41,28 per barel pada Jumat (6/3). Ini menjadi penurunan terendah sejak Agustus 2016 dan penurunan harian terbesar sejak November 2014.

Direktur Utama MEDC Hilmi Panigoro mengatakan, dalam setiap penurunan harga minyak sebanyak US$ 1 per barel, maka akan mengurangi EBITDA MEDC hingga US$ 10 juta. Prediksi ini berlaku jika harga minyak terus turun sepanjang tahun.

Baca Juga: Prospek harga minyak setelah OPEC gagal capai kesepakatan pemotongan produksi

Meski harga minyak berada dalam tren penurunan, Hilmi percaya, MEDC bisa mencapai target yang sudah ditentukan untuk 2020. Pada tahun ini, MEDC memasang target produksi sebesar 110,000 barrel oil equivalent per day (BOEPD). “Insya Allah dapat dipertahankan (target produksinya),” ujarnya kepada Kontan, Minggu (8/3).

Ia menambahkan, strategi yang paling penting untuk dilakukan oleh MEDC di saat harga minyak sedang tertekan yakni dengan menjaga tingkat biaya yang kompetitif, yang mana saat ini sekitar US$ 10 per barrel oil equivalent.

Memang, saat ini harga minyak global terus turun sejalan dengan kekhawatiran pasar terhadap perlambatan ekonomi global akibat virus corona.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) berupaya mengatasi penurunan harga dengan kembali memangkas produksi. Namun, terjadi perbedaan pendapat dan Rusia tidak setuju apabila jumlah produksi yang dipangkas semakin dalam.

Rusia menganjurkan untuk tetap memperpanjang masa pemangkasan sebelumnya, sedangan OPEC yang dimotori Arab Saudi menginginkan pemangkasan produksi lebih dalam. Ketidaksepakatan ini memicu penurunan harga minyak mentah.

Baca Juga: Harga minyak bisa sentuh US$ 35 per barel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×