kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.948.000   47.000   2,47%
  • USD/IDR 16.541   37,00   0,22%
  • IDX 7.538   53,43   0,71%
  • KOMPAS100 1.059   10,21   0,97%
  • LQ45 797   6,35   0,80%
  • ISSI 256   2,43   0,96%
  • IDX30 412   3,30   0,81%
  • IDXHIDIV20 468   1,72   0,37%
  • IDX80 120   1,05   0,88%
  • IDXV30 122   -0,41   -0,34%
  • IDXQ30 131   0,79   0,61%

Ini alasan beberapa start up terkemuka pilih merger dengan SPAC


Kamis, 20 Mei 2021 / 10:50 WIB
Ini alasan beberapa start up terkemuka pilih merger dengan SPAC


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan rintisan (start up) terkemuka seperti sedang berlomba-lomba melakukan aksi merger dengan perusahaan cangkang atau perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau special purpose acquisition company (SPAC).

Tiket.com misalnya, perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket ini sedang dalam tahap negosiasi untuk merger dengan salah satu SPAC, yaitu Cova Acquisition Group. Adapun Goldman Sachs Group bertindak sebagai penasehat untuk rencana merger Tiket.com yang notabene memiliki valuasi lebih dari US$ 1 miliar.

Mengutip Bloomberg, Tiket.com sedang menjajaki kemungkinan IPO secara tradisional, penggabungan usaha ataupun akuisisi. Proses negosiasi antara Tiket.com dan Cova Acquisition Group masih belum usai dan masih ada kemungkinan untuk terus berlanjut.

Berdasarkan sumber yang dikutip Bloomberg, Tiket.com berpeluang memperoleh dana segar sekitar US$ 200 juta melalui merger dengan SPAC ini karena termasuk investasi swasta dalam perusahaan publik atau private investment in public equity (PIPE).

Nantinya, merger antara Tiket.com dengan Cova Acquisition Group berpotensi menghasilkan valuasi yang mencapai US$ 2 miliar. Merger tersebut menjadi langkah bagi Tiket.com untuk mencatatkan saham perdananya di bursa saham.

Baca Juga: Merger Gojek-Tokopedia, ini hitung-hitungan valuasinya

Pihak Tiket.com tidak banyak berkomentar terkait rencana merger dengan perusahaan SPAC tersebut. Public Relations Manager Tiket.com Sandra Darmosumarto menyebut, pihaknya terus melakukan pencarian berbagai opsi untuk pengembangan bisnis di masa mendatang.

“Tiket.com sedang menjajaki sejumlah opsi strategis ke depannya, termasuk IPO,” imbuh dia kepada Kontan.co.id, Rabu (19/5).




TERBARU

[X]
×