kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini alasan analis beri rekomendasi beli saham Indofood Sukses Makmur


Kamis, 12 April 2018 / 22:39 WIB
Ini alasan analis beri rekomendasi beli saham Indofood Sukses Makmur
ILUSTRASI. Indofood INDF


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) berpeluang mencatatkan kinerja yang lebih baik pada tahun ini. Hal tersebut didukung oleh potensi membaiknya daya beli masyarakat dan banyaknya perhelatan penting yang berlangsung di tahun ini.

Dalam riset 9 April, Janni Asman, Analis May Bank Kim Eng berpendapat, keputusan pemerintah yang tidak akan menaikkan tarif dasar listrik dalam waktu dekat akan menjadi katalis positif terjaganya daya beli masyarakat di tahun ini. Implementasinya, kinerja INDF dapat terangkat.

Ia pun berekspektasi, INDF mampu meraih pendapatan senilai Rp 74,78 triliun pada akhir tahun nanti. Di saat yang sama laba bersih emiten ini ditaksir bisa mencapai Rp 4,28 triliun.

Lebih lanjut, Janni menilai bahwa segmen produk konsumen bermerek secara umum masih akan menjadi tumpuan INDF walaupun di tahun lalu pertumbuhannya hanya mencapai 4,5% YoY.

Hal ini mengingat kinerja segmen tersebut disokong PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) selaku anak usaha INDF. Tahun lalu, segmen tersebut berkontribusi 47% terhadap pendapatan perusahaan.

Janni yakin, seiring potensi membaiknya daya beli masyarakat, pendapatan dari segmen produk bermerek akan tumbuh hingga 7% YoY. “Produk mie instan akan kembali berkontribusi besar berkat branding yang kuat dan jaringan distribusi yang luas,” terangnya.

Vice President Research Departement Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya memandang, pangsa pasar yang besar dapat menjadi keuntungan bagi INDF untuk mendistribusikan produk-produknya.

Ditambah lagi, pada tahun ini banyak momentum penting yang bisa berdampak positif bagi INDF. Misalnya, Asian Games, Pilkada, ataupun libur hari raya.

Kendati demikian, INDF dituntut untuk terus melakukan inovasi pada produk-produknya. Hal ini sebagai salah satu upaya perusahaan menjawab tantangan persaingan di sektor konsumer yang masih akan berlangsung sengit.

Di samping itu, INDF juga perlu memaksimalkan promosi produk melalui media sosial. Hal ini mengingat pengguna media sosial terus tumbuh dari berbagai kalangan masyarakat dan INDF pun diuntungkan dari segi efisiensi biaya. “Kalau pasang iklan di televisi kemungkinan besar akan memakan cost of fund yang banyak,” kata William.

Janni dan William sama-sama merekomendasikan beli saham INDF. Jika Janni memasang target Rp 8.800 per saham, maka William mematok target Rp 8.400 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×