kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indika Energy (INDY) Gelontorkan Capex Hingga US$ 193 Juta pada 2022


Jumat, 21 Januari 2022 / 14:15 WIB
Indika Energy (INDY) Gelontorkan Capex Hingga US$ 193 Juta pada 2022
ILUSTRASI. Area?tambang emas Awak Mas di Luwu, Sulawesi Selatan.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Agenda bisnis PT Indika Energy Tbk (INDY) terus bergulir tahun ini. Emiten tambang batubara ini menggelontorkan belanja modal atau capital expenditure (capex) hingga US$ 193 juta untuk tahun ini. Jumlah tersebut naik dari alokasi capex INDY tahun lalu di kisaran US$ 124,8 juta.

Head of Corporate Communications Indika Energy Ricky Fernando mengatakan, sebagian besar capex dialokasikan untuk anak usaha INDY, yakni PT Petrosea Tbk (PTRO).

Capex juga dialokasikan untuk Masmindo Dwi Area (pertambangan emas) dan juga bisnis INDY di segmen energi baru terbarukan (EBT), yakni Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS) di segmen energi surya dan PT Electra Mobilitas Indonesia (EMI) di segmen kendaraan listrik. 

“Sumber pembiayaan berasal dari kas internal dan pinjaman bank,” terang Ricky kepada Kontan.co.id, Jumat (21/1).

Baca Juga: Intip Rekomendasi Saham INCO, BRMS, INDY, ELSA, SMRA Untuk Hari Ini (20/1)

INDY terus menggenjot bisnis EBT usai melepas kepemilikannya di PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS). EMITS saat ini berfokus mengembangkan energi surya untuk sektor komersial dan industri.

Ricky menyebut, EMITS telah menandatangani kemitraan untuk mengembangkan green port atau pelabuhan berkelanjutan di Pelabuhan Sabang, Aceh, serta Pelabuhan Krakatau International di Banten.

Selain itu, pada tahun lalu, EMITS juga menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) pembangunan instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk perusahaan-perusahaan lainnya.

Sebelumnya, pada Oktober 2021, emiten yang dinakhodai Arsjad Rasjid ini telah merampungkan penjualan seluruh kepemilikannya di MBSS, yakni sebanyak 892,51 juta lembar atau setara 51% saham MBSS.

 

Penjualan ini dilakukan kepada PT Galley Adhika Arnawama (GAA). Divestasi ini dilakukan INDY dengan harga jual Rp 600 per saham. Dus, transaksi ini bernilai Rp 589,05 miliar atau setara US$ 41,31 juta.

Baca Juga: Hingga Kamis Sore (13/1), Indika Energy (INDY) Tunggu Surat Resmi Ekspor Batubara

Transaksi dilakukan sesuai dengan strategi diversifikasi bisnis Indika. Divestasi juga dilakukan untuk memastikan agar INDY berfokus dalam pelaksanaan kegiatan usaha berkelanjutan.




TERBARU

[X]
×