kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks SRI-KEHATI diprediksi tumbuh 12%


Rabu, 08 November 2017 / 21:42 WIB
Indeks SRI-KEHATI diprediksi tumbuh 12%


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Secara historis indeks SRI-KEHATI selalu melampui kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Tahun depan, diprediksikan indeks SRI-KEHATI bisa tumbuh 12%.

Indeks SRI-KEHATI adalah indeks saham yang dikelola Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI). Indeks ini berisi saham-saham yang mengutamakan prinsip keberlanjutan serta kepedulian terhadap lingkungan hidup. Selain itu, dari sisi keuangan  dan tata kelola saham juga dipilih dari yang terbaik. Indeks SRI KEHATI mempunyai konstituen sebanyak 25 emiten yang tercatat di BEI.

Wawan Hendrayana, Head of Investment Research Infovesta Utama mengatakan, secara umum kinerja indeks SRI-KEHATI berkinerja baik. "Selama lima tahun kinerja indeks tersebut selalu di atas IHSG. Jika reksadana indeks mengacu ke SRI-KEHATI, seharusnya berdasarkan historis bisa lebih baik dari IHSG," kata Wawan, Rabu (8/11).

Namun, ia mengatakan tidak ada jaminan bahwa tahun depan indeks SRI-KEHATI bisa lebih baik dari IHSG. Tetapi Wawan optimistis paling tidak dari konsituennya yaitu yang berisi saham yang peduli terhadap lingkungan, diproyeksikan berkinerja baik.

"Saham-saham yang masuk indeks SRI-KEHATI cukup disukai investor, mereka menganggap usaha perusahaan tersebut telah memiliki profit baik dan bisa sekaligus fokus juga melakukan social responsibility-nya," kata Wawan.

Lanjutnya, indeks SRI-KEHATI juga mampu berkinerja lebih baik dari indeks karena terdiri dari saham blue chip dan saham penggerak bursa dengan kapitalisasi sebesar 70%.

Tahun ini, indeks yang melebihi IHSG adalah Indeks SRI-KEHATI dan IDX30, sementara indeks LQ45 lebih rendah dari IHSG.

Wawan memproyeksikan dengan melihat indeks secara keseluruhan, IHSG pada 2018 bisa tumbuh 10% dengan asumsi penutupan tahun ini menyentuh 6.000-6.100. "Jika proyeksi IHSG tercapai, maka indeks SRI-KEHATI bisa lebih tinggi dari IHSG, sekitar 12%," proyeksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×