kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Indeks IDX80 resmi meluncur, berikut saham-saham penghuninya


Senin, 21 Januari 2019 / 10:09 WIB
Indeks IDX80 resmi meluncur, berikut saham-saham penghuninya

Reporter: Yoliawan H | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi meluncurkan produk indeks baru bernama IDX80. Indeks ini berisi kumpulan saham-saham paling likuid yang ada di BEI dengan jumlah saham pilihan sebanyak 80 saham.

Berdasarkan pengumuman resmi BEI, Senin (21/1), indeks IDX80 ini berlaku untuk periode perdagangan 1 Februari sampai Juli 2019. Serta jumlah saham yang digunakan untuk perhitungan indeks IDX80 berdasarkan periode perdagangan Februari sampai April 2019.

Berikut saham-saham yang masuk ke dalam daftar IDX80:

AALI BRPT JPFA SCMA
ACES BSDE JSMR SMGR
ADHI CPIN KLBF SMRA
ADRO CTRA LINK SMSM
AKRA ELSA LPPF SRIL
ANTM ERAA LSIP SSIA
ASII ESSA MAIN TBIG
ASRI EXCL MAPI TBLA
BBCA GGRM MEDC TINS
BBNI GJTL MIKA TKIM
BBRI HMSP MNCN TLKM
BBTN HOKI MYOR TOWR
BDMN HRUM PGAS TPIA
BEST ICBP PNBN UNTR
BJBR INCO PPRO UNVR
BJTM INDF PTBA WIKA
BKSL INDY PTPP WOOD
BMRI INKP PTRO WSBP
BNGA INTP PWON WSKT
BNLI ITMG RALS WTON

Adapun lima saham dengan rasio free float terbesar adalah LPPF, 82,51%, SSIA sebesar 73,87%, CTRA 52,66%, TOWR 49,95% dan ADRO 49,91%. Lima saham dengan jumlah saham untuk indeks terbesar adalah BBRI, TLKM, TOWR, KLBF dan TPIA.

BEI melakukan tiga tahap penghitungan untuk indeks ini. Tahapan semesta yakni saham-saham konstituen IHSG yang sudah tercatat lebih dari enam bulan.

Tahap seleksi, pemilihan dari saham-saham semesta, dipilih 150 saham berdasarkan total nilai transaksi di pasar reguler selama 12 bulan terakhir.

Kemudian pemilihan 80 saham dari 150 saham tersebut dipilih saham konstituen IDX80 dengan mempertimbangkan dua faktor utama yakni likuiditas saham, nilai transaksi, frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi di pasar reguler dan kapitalisasi pasar saham free float.

Kemudian faktor kedua adalah fundamental kinerja keuangan, kepatuhan dan lain-lain. Lantas, 80 saham dengan nilai seleksi tertinggi merupakan saham terpilih sebagai konstituen indeks IDX80.



Tag


TERBARU
Terpopuler

×