kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Indah Kiat (INKP) terbitkan MTN Rp 2,17 triliun, sebagian besar dibeli Grup Sinarmas


Kamis, 12 Desember 2019 / 14:19 WIB
Indah Kiat (INKP) terbitkan MTN Rp 2,17 triliun, sebagian besar dibeli Grup Sinarmas
ILUSTRASI. Pekerja beraktivitas di pabrik kertas PT Indah Kiat Tangerang, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (25/8). Asuransi Simas Jiwa akan membeli Rp 1,877 triliun MTN Indah Kiat Pulp & Paper (INKP).

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Sinarmas Asset Management dan PT Asuransi Simas Jiwa akan membeli hampir seluruh medium term notes (MTN) yang diterbitkan oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP). Ketiga pihak ini merupakan perusahaan terafiliasi yang sama-sama berada di bawah Grup Sinarmas yang dimiliki oleh keluarga Widjaja.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (11/12), INKP mengungkapkan akan menerbitkan MTN senilai total Rp 2,17 triliun. Asuransi Simas Jiwa akan membeli Rp 1,877 triliun MTN INKP. Sementara Sinarmas Asset Management akan membeli MTN Rp 1 miliar dan Bank Sinarmas Rp 7 miliar. Ketiga pihak tersebut membeli total Rp 1,88 triliun.

Baca Juga: Begini rekomendasi analis untuk saham-saham milik 10 orang terkaya di Indonesia Begini rekomendasi analis untuk saham-saham milik 10 orang terkaya di Indonesia

Indah Kiat menawarkan suku bunga 10,25% per tahun untuk MTN yang akan jatuh tempo pada Desember 2022 atau bertenor tiga tahun ini. PT Sinarma Sekuritas yang juga merupakan perusahaan terafiliasi bertindak sebagai arranger. Sementara Bank Negara Indonesia sebagai agen pemantau dalam penerbitan MTN.

Transaksi afiliasi ini telah mendapatkan penilaian kewajaran dari KJPP Toto Suharto dan Rekan. INKP mengungkapkan bahwa penerbitan MTN ini dilakukan sebagai alternatif pendanaan yang membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pinjaman dari bank.

"Tujuan penerbitan MTN adalah untuk refinancing pembayaran utang INKP dan penerbitan MTN ini dilakukan tanpa jaminan khusus," ungkap INKP dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia.

Baca Juga: Jual bersih investor asing di pasar saham mencapai Rp 22,64 triliun sejak awal tahun

Sekadar informasi Indah Kiat Pulp & Paper Tbk bulan lalu merencanakan pembelian kembali (buyback) total Rp 4,30 triliun lima seri MTN yang diterbitkan tahun 2017-2018.

Kelima MTN yang akan dibeli kembali ini adalah:

  • MTN Indah Kiat Pulp & Paper I Tahun 2017
  • MTN Indah Kiat Pulp & Paper III Tahun 2018
  • MTN Indah Kiat Pulp & Paper IX Tahun 2018
  • MTN Indah Kiat Pulp & Paper X Tahun 2018
  • MTN Indah Kiat Pulp & Paper XI Tahun 2018

Berdasarkan pengumuman di website Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Jumat (8/11), penawaran pembelian kembali MTN dilaksanakan pada 8 November 2019 sampai dengan 22 November. Tanggal pembelian kembali MTN akan dilaksanakan pada 9 Desember 2019.




TERBARU

Close [X]
×