kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Incar Dana Rp 8 Triliun, Pertamina Geothermal Energy Dikabarkan IPO Bulan Depan


Kamis, 15 September 2022 / 08:35 WIB
Incar Dana Rp 8 Triliun, Pertamina Geothermal Energy Dikabarkan IPO Bulan Depan


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), yang bergerak di bidang pemanfaatan energi panas bumi dikabarkan siap menggelar penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) pada Oktober 2022 mendatang.

Menurut sumber Kontan.co.id yang mengetahui rencana ini, valuasi PGE mencapai US$ 2,2 miliar atau setara Rp 32 triliun. Kabarnya, PGE akan melepas 25% dari modal ditempatkan dan disetor ke publik sehingga nilai emisi IPO yang akan didapat perusahaan berpotensi capai Rp 8 triliun.

Saat dikonfirmasi Kontan.co.id, Corporate Secretary PGE Muhammad Baron mengatakan belum bisa berkomentar atas kabar tersebut. "Kami sedang terus fokus dalam operasi dan tentu mengikuti arahan pemegang saham," kata Baron saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (14/9).

Menurutnya, sebagai perusahaan pengelola energi panas bumi, PGE terus mengembangkan usaha dalam mendukung program pemerintah mencapai net zero emission (NZE).

Baca Juga: BEI Kantongi 28 Calon Emiten di Pipeline, Ada yang Nilai Emisi di Atas Rp 1 Triliun

Direktur Penilaian Bursa Efek Indonesia (BEI) Gede Nyoman Yetna juga belum dapat menginformasikan hal tersebut. Pasalnya, BEI belum dapat menyampaikan informasi terkait nama perusahaan dalam pipeline IPO sebelum ada izin publikasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hingga tanggal 14 September 2022, Nyoman menyatakan terdapat 28 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI.

"Dari 28 calon perusahaan tercatat dalam pipeline pencatatan saham, beberapa diantaranya bergerak pada sektor energi, teknologi, dan keuangan yang menargetkan emisi lebih dari Rp 1 triliun," ungkap Nyoman.

Sementara itu Analis Phillip Sekuritas Helen mengatakan, likuiditas di pasar saham masih mencukupi untuk menyerap IPO bernilai jumbo. Ada sejumlah hal yang menjadi faktor pendukung.

Pertama, pemulihan ekonomi Indonesia setelah aktivitas ekonomi berjalan normal kembali. Kedua, pertumbuhan jumlah investor khususnya investor ritel yang menjadi indikasi bahwa semakin banyak masyarakat yang melek akan investasi dan saham sebagai salah satu instrumen investasi pilihan

Meskipun begitu, kinerja perusahaan yang akan IPO juga menjadi pertimbangan. Mulai dari pertumbuhan pendapatan dan laba, rasio keuangan, posisi di industri, jumlah utang, sampai dengan jumlah saham yang akan dikeluarkan.

Baca Juga: Masih Menggantung, Mengapa Medco (MEDC) Tak Kunjung Bawa Amman Mineral Gelar IPO?

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan juga meyakini, pasar akan mampu menyerap IPO dengan nilai fantastis tersebut. Pasalnya, di masa pandemi, setidaknya ada dua kali IPO dengan emisi di atas Rp 10 triliun dan keduanya mengalami kelebihan permintaan. Artinya, likuiditas sebetulnya tersedia di pasar.

"Yang perlu diperhatikan justru adalah calon emiten yang berencana melakukan IPO. Bagaimana bisnisnya, kondisi keuangannya, rencana penggunaan dana hasil IPO, hingga kebijakan dividen. Semuanya adalah faktor yang menentukan kesuksesan dari suatu IPO," tutur Valdy.

Tren suku bunga yang relatif masih rendah pada saat ini juga menjadikan pasar modal sebagai alternatif investasi yang relatif cukup atraktif. Mengingat, rata-rata kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dari 2008-2021 sebesar 10,52% per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×