kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ikuti Jejak BUMI, Grup Bakrie akan Gelar Kuasi Reorganisasi pada BNBR


Rabu, 15 Mei 2024 / 08:09 WIB
Ikuti Jejak BUMI, Grup Bakrie akan Gelar Kuasi Reorganisasi pada BNBR
ILUSTRASI. Dari kirI: Suasana kantor PT. Bakrie & Brothers (BNBR) di Bakrie Tower, Jumat (13/12).BNBR berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp.349,496 miliar pada kuartal III 2019, meningkat 128,62 % dibanding periode sama tahun lalu yang mencatatkan kerugian Rp.1,221 triliun. KONTAN/Baihaki/13/12/2019


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten dari grup konglomerasi Bakrie kembali menggelar aksi korporasi. Kali ini PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) mengumumkan rencana melakukan kuasi reorganisasi.

Dalam keterbukaan informasi yang terbit di Harian KONTAN edisi Rabu (15/5), manajemen BNBR mengungkapkan lima tujuan dari kuasi reorganisasi. Pertama, dengan aksi korporasi ini BNBR dapat memulai awal yang baru (fresh start) dengan neraca keuangan yang menunjukkan saldo laba tanpa dibebani defisit masa lampau.

Baca Juga: BNBR Mulai Mampu Memangkas Jumlah Utang

Kedua, memperbaiki struktur ekuitas BNBR dengan mengeliminasi akumulasi rugi (defisit) menggunakan komponen ekuitas lain seperti agio saham, selisih transaksi dengan pihak non pengendali dan penurunan modal saham.

Ketiga, dengan kondisi neraca keuangan yang menunjukkan nilai sekarang tanpa dibebani defisit masa lampau, BNBR diharapkan akan lebih mudah memperoleh pendanaan, jika diperlukan, dalam rangka pengembangan usaha.

Keempat, dengan tidak adanya saldo defisit, maka akan dapat memberikan dampak positif bagi para pemegang saham karena BNBR dapat membagi dividen sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT).

Kelima, meningkatkan minat dan daya tarik investor untuk memiliki saham BNBR, sehingga diharapkan akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham.

 

Manajemen BNBR mengungkapkan adanya tren performa keuangan yang membaik dari tahun ke tahun. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan pendapatan sebesar 16,24% Compounded Annual Growth Rate (CAGR).

Baca Juga: Laba Bersih Bakrie & Brothers (BNBR) Turun 10,77% Jadi Rp 237,46 Miliar pada 2023

"Peningkatan pendapatan Perseroan ini sebagian besar disebabkan perkembangan bisnis melalui entitas anak," ungkap manajemen BNBR.

Entitas anak tersebut meliputi PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) yang bergerak di bidang penjualan kendaraan listrik, PT Bakrie Metal Industries (BMI) dan entitas anak yang bergerak di bidang pabrikasi baja bergelombang, pabrikasi pipa baja dan konstruksi baja, serta PT Bakrie Indo Infrastructure (BIN)  yang bergerak di bidang pembangunan dan jasa infrastruktur.

Tren performa positif juga terlihat dari meningkatkan laba usaha BNBR selama tiga tahun berturut-turut. Masing-masing sebesar Rp 20,69 miliar, Rp 231,91 miliar dan Rp 348,31 miliar dengan rata-rata marjin laba usaha sebesar 5,51%.

Pada bulan Desember 2023, BNBR melakukan penyelesaian restrukturisasi kewajiban derivatif kepada Glencore melalui settlement antara kewajiban derivatif dengan investasi jangka pendek. "Dengan restrukturisasi ini, kinerja Perseroan di tahun berikutnya menjadi lebih baik," sebut manajemen BNBR.

Pada periode tahun 2021 sampai 2023, BNBR memiliki laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk masing-masing sebesar Rp 63,67 miliar, Rp 266,13 miliar dan Rp 237,46 miliar. Rata-rata tiga tahun atas laba tahun berjalan yang dapat distribusikan kepada pemilik entitas induk adalah sebesar Rp 189,09 miliar.

Baca Juga: Sederet Saham Grup Bakrie Menyala Lagi, Begini Catatan dan Rekomendasi dari Analis




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×