kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

IHSG terdongkrak penguatan sektor tambang


Rabu, 26 Juni 2019 / 06:34 WIB
IHSG terdongkrak penguatan sektor tambang

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada perdagangan, Selasa (25/6). IHSG naik 0,51% ke level 6.320,44. Penguatan IHSG diikuti dengan aksi beli asing dengan nilai beli bersih Rp 426,64 miliar. Penguatan itu didominasi peningkatan sektor tambang yang melaju 5,12%.

Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma menjelaskan, kenaikan sektor tambang dipicu oleh dukungan G20 atas rencana pemberian subsidi untuk PLTU berbasis batubara. Keputusan ini mendorong negara yang memiliki banyak coal-fired based power plant seperti China, Indonesia, Jepang, dan negara lainnya, untuk terus memperbesar produksi batubara.


Meski begitu, menurut Analis OSO Sekuritas Sukarno Alatas, para pelaku pasar juga tengah menanti hasil pertemuan China dan Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan ini. Hal tersebut membuat investor cenderung wait and see. Sementara itu, masih terjadi ketegangan AS dengan Iran ditambah penantian keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa Pemilihan Presiden.

Karena alasan tersebut, IHSG hari ini, menurut Sukarno, berpotensi melemah di 6.294–6.357. Sedangkan Suria memprediksikan, IHSG menguat di 6.300–6.400.


Tag


TERBARU

Close [X]
×