kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG masih bertahan di zona merah hari ini, berikut saham yang dinilai menarik


Rabu, 23 September 2020 / 06:00 WIB
IHSG masih bertahan di zona merah hari ini, berikut saham yang dinilai menarik


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peluang Indeks Harga Saham Gabungan alias IHSG hari ini (23/9) masih akan melanjutkan tren pelemahan. IHSG melemah 1,31% di level 4.934,09 pada 22 September 2020. 

Menurut Lanjar Nafi Reliance Sekuritas, secara teknikal IHSG hari ini bergerak gap down semakin menjauh dari level psikologis 5.000. Indikator stochastic masih memberikan signal bearish yang mengarah kearea oversold. 

Baca Juga: Dibayangi potensi penurunan peringkat utang, berikut prospek saham konstruksi BUMN

Sementara itu, indikator RSI bergerak bearish mendekati area oversold dengan signal yang belum memberikan pola reversal momentum. Sehingga secara teknikal, IHSG hari ini (23/9) masih berpotensi tertekan mendekati level lower bollinger bands. Lanjar memperkirakan, IHSG hari ini akan bergerak pada support resistance 4.880-4.990. 
Saham-saham yang masih dapat dicemati secara teknikal menurut Lanjar diantaranya saham ADHI, ADRO, BJBR, CTRA, INDY, MAPI, PGAS dan UNVR.

IHSG pada Selasa (22/9) melemah 1,31% karena ditekan saham-saham sektor pertanian turun 2,5% dan sektor keuangan melemah 1,97%. Sentimen harga CPO yang mulai turun setelah naik lebih dari RM 3.000 per ton menjadi faktor utama aksi profit taking saham-saham produsen CPO pada perdagangan hari Selasa. 

Investor mengalami keresahan melihat ketidakpastian sentimen global yakni potensi lockdown kembali di sejumlah negara. Lanjar menambahkan stimulus lanjutan The Fed hingga geopolitik AS dan China yang kian memanas membuat investor asing masih melakukan aksi jual bersih sebesar Rp 632,47 miliar. 

Baca Juga: Melakukan money management dalam investasi dan trading saham

Kembali tertekan bursa saham Asia karena timbuh kekhawatiran investor akan dampak gelombang kedua dari kasus Covid-19 di seluruh dunia. Saham berjangka AS melanjutkan aksi jualnya sejak awal sesi perdagangan.

Bursa Eropa membuka perdagangan dengan bergerak rebound mengakhiri pelemahan 3 hari berturut-turut. Saham tekonologi dan Jaringan Internet memimpin kenaikan di pasar saham Eropa mengiringi pertimbangan lockdown pada beberapa negara zona Eropa. 

Harga minyak stabil setelah penurunan terbesar dalam hampir dua minggu di tengah meningkatnya kekhawatiran atas pembatasan virus korona yang berkepanjangan dan kekhawatiran pasokan. 

Baca Juga: Ini 4 alasan Presiden Jokowi tidak akan menunda Pilkada 2020

Selanjutnya, IHSG hari ini investor akan menanti Jerome Powell muncul di hadapan sub-komite Pemilihan DPR untuk membahas tentang virus korona dan tanggapan bank sentral pada hari Rabu (23/9) dan klaim pengangguran awal AS jatuh tempo hari Kamis (24/9).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×