kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG berpotensi menguat sepekan ke depan


Minggu, 28 April 2019 / 17:30 WIB
IHSG berpotensi menguat sepekan ke depan


Reporter: Aloysius Brama | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (26/4) ditutup menguat sebesar 0,44% bila dibandingkan dengan hari sebelumnya ke level 6.401,08. Nah, pada awal pekan depan, Senin (29/4), para analis memperkirakan, IHSG masih akan melanjutkan penguatan.

Analis Erdikha Elit Sekuritas Edho Ardiansyah mengatakan, respons pasar cenderung positif dengan perkembangan dialog antara Amerika Serikat (AS) dan China yang disebut akan segera menyelesaikan kesepakatan damai dalam waktu dekat. "Tidak hanya bagi IHSG, kabar ini juga terbukti menghijaukan indeks saham di beberapa negara Asia," kata Edo, Jumat (26/4).

Bila mengacu pada data RTI, setidaknya indeks Hang Seng (HSI) dan Strait Times (STI) juga naik. HSI naik sebesar 0,19% sedangkan STI naik sebesar 0,20%.

Edo melanjutkan, pada perdagangan pekan depan IHSG berpotensi menguji level resistance jangka menengah dalam rentang 6330-6440. Menurut dia, bila level tersebut bisa tertembus, maka indeks bisa melanjutkan penguatan jangka menengah. "Namun kalau gagal, indeks berpotensi terkoreksi dalam jangka menengah," ungkapnya.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan bahwa pergerakan indeks sudah memasuki level jenuh jual. Ini tampak dari indikator stochastic IHSG yang bergerak di area oversold. "Ini membuat investor mulai berani berspekulasi masuk ke pasar saham dan membuat indeks menguat," tutur Dennies, Jumat (26/4) lalu.

Dennies mengatakan, pada perdagangan lalu pergerakan IHSG cenderung rebound setelah menyentuh support bollinger. Untuk itu Dennies memproyeksikan IHSG berpotensi menguat meski hanya dalam jangka pendek. "Akan ada di rentang 6.294 hingga 6.454 pada perdagangan esok hari," tutur Dennies.

Senada dengan Dennies, analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji mengatakan, pergerakan MACD indeks telah membentuk pola bullish piercing. Pergerakan dalam pola tersebut mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG.

"Sehingga IHSG berpeluang menuju ke area resistance pada pekan depan," kata Nafan, Sabtu (27/4). Nafan menyebutkan, pada perdagangan esok hari IHSG berpotensi bergerak pada range 6.295 hingga 6.454.

Para analis merekomendasikan beberapa saham pada perdagangan esok hari. Nafan Aji merekomendasikan saham-saham seperti ADHI, ADRO, BSDE, CPIN, dan DOID untuk bisa diamati bagi para investor yang ingin membeli saham. Sedangkan Edo merekomendasikan pelaku pasar untuk mencermati BNLI, BBTN, BDMN, dan INDF pada perdagangan esok hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×