kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45761,05   23,90   3.24%
  • EMAS1.013.000 -0,30%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

IHSG akan mencoba menguat lagi pada perdagangan esok


Selasa, 11 Agustus 2020 / 20:23 WIB
IHSG akan mencoba menguat lagi pada perdagangan esok
ILUSTRASI. Refleksi layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Selasa (4/8). Selasa (11/8), IHSG ditutup menguat 32,33 poin atau 0,63% ke level 5.190,17.

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada penutupan perdagangan Selasa (11/8). IHSG ditutup menguat 32,33 poin atau 0,63% ke level 5.190,17. 

Mengutip data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), sektor yang menguat signifikan adalah properti, real estate, dan konstruksi gedung yang bertumbuh 1,60%. Setelahnya disusul sektor aneka industri yang menguat 1,55%. 

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama memperkirakan IHSG besok Rabu (12/8) akan melanjutkan penguatan terbatas. Dia memperkirakan IHSG akan bergerak pada rentang level 5.140  hingga 5.250. 

Baca Juga: Kurs rupiah berpotensi menguat pada perdagangan esok

Sentimen positif yang mendorong pergerakan IHSG besok adalah pergerakan bursa saham global yang terdorong stimulus Amerika Serikat (AS). Sementara dari domestik, Okie melihat sentimen positif berasal dari realisasi anggaran PEN yang perkembangannya dinilai signifikan. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan optimisme pelaku pasar khususnya investor dalam negeri.

Okie mengamati, dalam beberapa bulan belakangan investor dalam negeri cukup mendominasi pergerakan IHSG. Selain itu, risiko investasi yang terus turun sejak sebulan terakhir diharapkan menumbuhkan kembali optimisme investor asing untuk kembali masuk ke pasar surat berharga. "Sehingga IHSG semakin jelas untuk menuju penguatan lanjutan," kata Okie kepada Kontan.co.id, Selasa (11/8).

Baca Juga: IHSG menguat ke 5.190 pada perdagangan Selasa (11/8), asing koleksi saham dua bank

Sementara itu, Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani memperkirakan IHSG berpotensi menguat pada perdagangan besok Rabu (12/8). IHSG akan bergerak dengan level support di 5.187 hingga 5.1990 dan level resistance di 5.288 hingga 5.300. 

Menurut Hendriko, pasar saat ini tengah minim sentimen. Kalaupun ada penguatan IHSG besok, hal itu terdorong pengujian vaksin Covid-19 yang dilakukan Biofarma hari ini. "Jadi ada potensi penguatan IHSG bila pengujian membawa kabar baik," kata Hendriko kepada Kontan.co.id, Selasa (11/8). 

Sekadar informasi, untuk penguatan hari ini, Okie melihat ada dorongan dari indeks global yang mayoritas menghijau merespon stimulus dari kebijakan Amerika. Selain itu, IHSG juga terdorong data penjualan retail yang lebih baik dari pada periode sebelumnya. 

"Kami melihat investor saat ini sudah mengkalkulasi dengan baik dengan harapan di kuartal III dan IV sektor tersebut dapat memperbaiki kinerjanya," kata Okie.

Baca Juga: Penawaran lelang SUN menembus Rp 106 triliun, SUN acuan baru paling diburu

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×