kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,73   4,98   0.55%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ICDX meluncurkan kontrak valas


Jumat, 22 Juni 2012 / 19:20 WIB
ICDX meluncurkan kontrak valas
ILUSTRASI. Promo BreadTalk 7-13 Juni 2021 menawarkan aneka cake utuh mulai dari harga Rp 145.000. Dok: Instagram BreadTalk


Reporter: Marantina | Editor: Avanty Nurdiana

JAKARTA. Indonesia Commodity Derivate Exchange (ICDX) meluncurkan kontrak baru berupa mata uang asing. Ada 27 pasangan mata uang asing yang diperdagangkan.

Diantaranya, AUD/JPY, AUD/NZD, AUD/USD, CAD/JPY, EUR/AUD, EUR/CHF, EUR/GBP, EUR/JPY, EUR/USD, GBP/USD, NZD/USD, USD/CAD, USD/CHF, USD/CNY, USD/DKK, USD/HKD, USD/INR, USD/JPY, USD/MYR, USD/NOK, USD/RUB, USD/SAR, USD/SGD, USD/THB dan USD/TWD.

Direktur Utama ICDX Megain Widjaja menuturkan peluncuran produk ini untuk memfasilitasi pengelolaan valas agar bisa bersaing dengan produk luar negeri. "Peluncuran kontrak valas di ICDX ini bentuk keprihatinan seringnya kekurangan persediaan dollar dalam negeri untuk kebutuhan pembiayaan kegiatan impor," papar dia.

Nah dengan adanya kontrak ini ICDX berharap eksportir kembali menyimpan dana di dalam negeri karena sudah ada infrastruktur yang bisa memfasilitasi.

Megain klaim sistem perdagangan ini lebih bonafit dan bisa mengurangi risiko counterparty. Pasalnya, ada lembaga penengah atau penjamin transaksi valas. Yaitu PT Identrust Security International (ISI) sebagai lembaga kliring ICDX. Lembaga ini yang menjamin dan menyelesaikan tiap transaksi kontrak valas di ICDX.

Selain itu, sistem ini dinilai lebih transparan. “Transaparansi pasar membuat kontrak valas semakin likuid dan kompetitif,” kata Megain. Ditambah ada pengawasan dari regulator yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bapepti).

Kepala Bappebti Syahrul R Sempurnajaya, berharap dengan adanya kontrak ini bisa menjadi alternatif instrumen bagi pasar. Sekaligus mendorong investor bertransaksi mata uang asing di dalam negeri. "Kontrak valas akan memberi kepastian bagi investor dan pialang untuk mendapat nilai tukar yang wajar dan transparan jika diperdagangkan dalam transaksi multirateral," papar dia.

Meski begitu Megain belum bisa menyebut target volume transaksi kontrak mata uang. "Kami masih melihat antusiasme pasar sehingga bisa membuat proyeksi untuk kontrak ini," ujar dia.

Nah bagi Anda yang ingin turut serta dalam kontrak valas ICDX. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama trader melengkapi syarat keanggotan bursa dan lembaga kliring. Kedua, trader akan mendapatkan username dan password untuk mengakses platform ICDX. Ketiga, trader menempatkan marjin di lembaga kliring dan bisa memulai perdagangan melalui platform ICDX. Satu lot kontrak US$ 100.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×