kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga Agustus, WSKT berhasil akuisisi 9 ruas tol


Minggu, 30 Agustus 2015 / 21:29 WIB
Hingga Agustus, WSKT berhasil akuisisi 9 ruas tol


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Waskita Karya (WSKT) akhirnya berhasil mengakuisisi 60% saham ruas jalan tol Pemalang- Batang sepanjang 39,2 kilometer (km). Dengan akuisisi tersebut, emiten konstruksi pelat merah ini telah mengakuisisi sebanyak sembilan ruas tol hingga akhir Agustus 2015.

Akhir pekan lalu, WSKT melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road telah berhasil merampungkan proses akuisisi tol Pemalang-Batang sepanjang dari PT Pemalang Batal Toll Road sebagai pemilik konsesi. "Proses kesepakatan telah berjalan," ungkap Antonius Yulianto, Sekretaris Perusahaan WSKT pada KONTAN, Jumat (28/8).

Dengan begitu, WSKT resmi menjadi pemegang mayoritas ruas tol Pemalang -Batang. Hanya saja, Antonius belum bersedia menyampaikan nilai akuisisi tersebut.

Kehadiran tol Pemalang Batang ini telah melengkapi ruas jalan tol yang telah diakuisisi perseroan. Hingga saat ini, WSKT telah mengakuisisi sembilan ruas tol yang terdiri dari tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi 35% , Depok-Antasari 25%, Pejagan-Pemalang 100%, Becakayu 60%, Solo-Ngawi 40%, Ngawi-Kertosono 40% , Cinere-Serpong 35%, Cimanggis Cibitung 90%, dan Pemalang-Batang 60%.

Tahun ini, perseroan menargetkan bisa mengakuisisi 10 ruas jalan tol. Ruas tol baru yang disebut-sebut tengah diincara perseroan adalah ruas tol Batang- semarang sepanjang 75 km.

Antonius mengungkapkan, tidak lama lagi perseroan akan melakukan ground breaking tol Cimanggis-Cibitung. Tol ini merupakan jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) II dengan panjang 25,385 km.

WSKT mengakuisisi 90% saham PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) selaku pemegang konsesi ruas tol Cimanggis – Cibitung. Sejumlah 10% saham di antaranya adalah milik PT Bakrie & Brothers Tbk dan 80% nya saham milik PT Bakrie Toll Indonesia dengan senilai Rp 552,15 miliar.

Pelaksanaan konstruksi tol ini akan dibagi menjadi dua seksi. Seksi 1 Cimanggis Junction – On/Off Ramp Transyogi sepanjang 3,50 Km, dan Seksi 2 On/Off Ramp Transyogi – Cibitung Junction sepanjang 22,8 km.

Desa yang bakal dilewati tol ini antara lain Kecamatan Setu yaitu Desa Cijengkol, Cibening, Desa Burangkeng, Desa Taman Rahayu, kemudian Kecamatan Cikarang Barat yaitu desa Telajung, desa Gandamekar, desa Gandasari, lalu Kecamatan Cibitung desa Cibuntu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×