kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini melemah, analis prediksi IHSG akan rebound besok


Selasa, 19 Februari 2019 / 17:40 WIB
Hari ini melemah, analis prediksi IHSG akan rebound besok


Reporter: Aldo Fernando | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. IHSG melemah tipis sebesar minus 3,15 poin atau 0,05% ke posisi 6.494,67 pada perdagangan hari ini (19/2). Analis memprediksi IHSG berpotensi menguat pada Rabu (20/2).

Analis Indo Premier Sekuritas Mino berpendapat, secara umum IHSG mendapat banyak sentimen positif hari ini. “Namun karena adanya aksi profit taking di beberapa emiten yang kemarin membukukan kenaikan cukup banyak membuat IHSG berakhir dengan pelemahan tipis,” jelas Mino kepada Kontan.co.id, Selasa (19/2).

Sementara analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan, sentimen eksternal masih cukup dominan pada saat ini.

Sentimen pertama, berkaitan dengan negosiasi AS dan China belum mencapai kesepakatan dagang, sementara deadline 1 Maret 2019 semakin dekat. Sentimen kedua berasal dari rencana Uni Eropa mempersiapkan aksi balasan jika AS menerapkan bea masuk baru untuk impor mobil asal Uni Eropa. Sentimen ketiga, bersumber dari penurunan indeks optimisme sektor manufaktur di Jepang menjadi 13 pada Februari 2019 dari 18 pada Januari 2019.

“AS, China, Eropa dan Jepang merupakan negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Hambatan pada ekonomi mereka akan berdampak negatif terhadap ekonomi global, termasuk Indonesia,” kata Valdy kepada Kontan.co.id, Selasa (19/2).

Valdy menambahkan, hal ini yang menyebabkan confidence investor menurun terhadap pasar modal Indonesia, terutama Investor Asing. “Hal ini terlihat pada akumulasi net sell investor asing mencapai Rp 3,4 triliun dalam sepekan terakhir,” jelasnya.

Sementara itu, Valdy Kurniawan memprediksi, IHSG berpeluang mencatatkan technical rebound dengan potensi penguatan ke rentang 6.500-6.530 pada Rabu (20/2). “Ini seiring potensi buy on support pada sejumlah saham bluechip, terutama bank (BMRI, BBNI). Hal tersebut mengingat BI diperkirakan akan mempertahankan kebijakan moneternya dalam RDG bulan ini,” jelasnya.

Valdy menyebut, sentimen eksternal masih akan mewarnai IHSG besok.

Setali tiga uang, analis Indo Premier Sekuritas Mino memprediksi IHSG berpotensi menguat besok. “Sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan besok, pergerakan indeks bursa global, harga komoditas dan kurs rupiah,” ujar Mino kepada Kontan.co.id, Selasa (19/2).

Mino memperkirakan IHSG menguat dengan support di level 6.460 dan resistance di level 6.535 pada perdagangan Rabu (20/2). Sedangkan, Valdy memprediksi IHSG berpeluang menguat terbatas dengan support 6.440 dan resistance 6.550.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×