kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,51   5,93   0.66%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Tertekan, Perusahaan Kelapa Sawit Masih Optimistis Harga CPO Naik


Minggu, 18 Februari 2024 / 21:19 WIB
Harga Tertekan, Perusahaan Kelapa Sawit Masih Optimistis Harga CPO Naik
ILUSTRASI. Pekerja memuat Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit ke atas truk di salah satu kebun petani di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Jumat (17/02/2023). Harga Tertekan, Perusahaan Kelapa Sawit Masih Optimistis Harga CPO Naik.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit masih mengalami penurunan.

Melansir Reuters, harga CPO di Bursa Derivatif Malaysia pada Maret 2024 melemah 19 poin menjadi MYR 3.908 per metrik ton. Kemudian, kontrak April 2024 juga melemah sebesar 16 poin menjadi MYR 3.859 per metrik ton.

Jika melihat data Trading Economics, Minggu (18/2), harga CPO saat ini MYR 3.809 per ton, turun 1,93% dalam seminggu dan turun 0,16% dalam sebulan.

PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) melihat harga CPO di tahun ini masih relatif stabil jika dibandingkan dengan fluktuasi harga CPO yang terjadi pada tahun 2023.

Baca Juga: Harga CPO Masih Turun, Simak Prospek Kinerja Emiten Kelapa Sawit

Head of Investor Relation Sampoerna Agro Stefanus Darmagiri mengatakan, pada tiga bulan pertama di tahun 2024, harga CPO diperkirakan dapat ditopang oleh beberapa faktor.

Pertama, musim produksi CPO yang cenderung melemah di kuartal I 2024.

Kedua, stok CPO Malaysia yang turun ke level terendah dalam enam bulan sebesar 2,02 juta ton di bulan Februari 2024.

Ketiga, permintaan yang akan meningkat menjelang bulan Ramadan di Indonesia dan Malaysia.

 

“Implementasi program mandat B35 di tahun 2024 diharapkan juga dapat menopang harga CPO di tahun ini,” ujarnya kepada Kontan, Jumat (16/2).

Baca Juga: Cermati Rekomendasi Saham MEDC, PGEO dan MYOR dari Ajaib Sekuritas, Jum'at (16/2)

Dalam menghadapi fluktuasi harga CPO pada tahun 2024, SGRO masih menerapkan strategi peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja lewat intensifikasi yang telah berjalan selama dua tahun.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×