kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Saham Blue Chip Ini Turun Hampir 6% Sebulan, Analis Rekomendasi Beli


Selasa, 19 Maret 2024 / 07:39 WIB
Harga Saham Blue Chip Ini Turun Hampir 6% Sebulan, Analis Rekomendasi Beli
ILUSTRASI. Harga Saham Blue Chip Ini Turun Hampir 6% Sebulan, Analis Rekomendasi Beli


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Adi Wikanto

Rekomendasi Saham Blue Chip- JAKARTA. Harga saham blue chip PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dalam tren penurunan selama sebulan terakhir. Saat tengah turun harga, analis rekomendasi investor beli saham blue chip ini.

Saham blue chip adalah saham lapis satu di bursa efek yang memiliki fundamental kuat dan kapitalisasi pasar besar. Di Bursa Efek Indonesia, saham blue chip biasanya adalah saham-saham yang masuk Indeks LQ45.

Saham TLKM adalah saham yang telah lama bercokol di Indeks LQ45. Saham TLKM juga termasuk saham dengan kapitalisasi terbesar di BEI. Nilai kapitalisasi pasar saham TLKM mencapai Rp 388 triliun.

Harga saham TLKM pada perdagangan Senin 18 Maret 2024 ditutup di level 3.920, turun 50 poin atau 1,26% dibandingkan hari sebelumnya. Harga saham TLKM turun 240 poin atau 5,77% dalam sebulan terakhir.

 

Penurunan harga saham TLKM menjadi kesempatan bagus untuk mulai mengoleksinya. Hal ini karena PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) diprediksi bertumbuh positif pada tahun 2024. Hal ini didukung oleh pertumbuhan data lalu lintas pelanggan.

Selain itu, TLKM juga tengah mempersiapkan strategi transformasi TI digital B2B dan pengembangan pusat data yang sejalan dengan pertumbuhan industri di Indonesia.  

Salah satu rekomendasi beli saham TLKM disampaikan oleh Head of Equity Research Kiwoom Sekuritas Indonesia, Sukarno Alatas. Sukarno merekomendasikan beli saham TLKM, dengan target harga Rp 4.450 per saham.

Sukarno melihat bahwa prospek saham TLKM masih akan selalu positif, mengingat TLKM memiliki kinerja yang solid.  Di mana, TLKM menunjukkan kinerja yang stabil dan berhasil tumbuh baik dari top dan bottom line hingga September 2023 (9M2023). 

Selain itu, Sukarno mengatakan peluang atas transformasi digital juga memiliki potensi pertumbuhan tinggi. Lalu sentimen pendorongnya yaitu TLKM akan meluncurkan layanan 5G secara komersial di tahun 2024 dan peningkatan penetrasi internet yang diproyeksikan bisa memberikan dampak pertumbuhan pendapatan.

"Prospek kinerja TLKM tahun ini cukup bagus. Peluangnya berasal dari peningkatan penetrasi internet di Indonesia, dengan pertumbuhan pendapatan TLKM diprediksi bisa mencapai Rp151 triliun hingga Rp157 triliun, atau meningkat 2,97% sampai 3,51%," kata Sukarno kepada Kontan.co.id, Senin (18/3).

Baca Juga: Laba 2023 Melesat 28%, Saham Blue Chip BUMN Ini Siap Bayar Dividen

Sukarno memaparkan, tingkat penetrasi internet Indonesia meningkat menjadi 79,5% dari 78,19% pada 2024. Kemudian, kebijakan pemerintah yang gencar membangun infrastruktur telekomunikasi di daerah terpencil akan membuka peluang baru dan memperluas jangkauan.

Selaras dengan hal ini, Head of Business Development Division Henan Putihrai Asset Management (HPAM), Reza Fahmi Riawan. Reza pun merekomendasi beli atau untuk saham TLKM dengan target harga Rp 5.900 per saham.  

Reza memprediksi bahwa kinerja TLKM masih tumbuh positif pada tahun ini. Hal ini seiring dengan dukungan dari pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia, terutama dengan meningkatnya permintaan untuk layanan data, telepon, dan internet.

"Kemudian, strategi transformasi TI digital B2B dan pengembangan pusat data yang dilakukan oleh TLKM jelas akan membantu mereka memperluas jangkauan layanan dan meningkatkan efisiensi operasional," kata Reza Kepada Kontan.co.id, Senin (19/3).

Tak hanya itu, dia mengatakan, kebijakan pemerintah terkait regulasi telekomunikasi dan infrastruktur juga dapat mempengaruhi prospek TLKM. Pasalnya, kebijakan yang mendukung investasi dan pertumbuhan industri telekomunikasi akan memberikan dampak positif.

Itulah rekomendasi saham blue chip TLKM untuk perdagangan hari ini, Selasa 19 Maret 2024. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×