kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Harga Saham LQ45 Ini Terus Naik Ke 90-an, Apakah Sudah Saatnya Beli?


Jumat, 08 Desember 2023 / 07:27 WIB
Harga Saham LQ45 Ini Terus Naik Ke 90-an, Apakah Sudah Saatnya Beli?
ILUSTRASI. belum memberikan rekomendasi untuk saham GOTO. Sebab, emiten tersebut masih mengalami kerugian.

Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham big caps PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terus naik belakangan ini. Sempat jatuh ke level 50-an, harga saham blue chip tersebut telah naik hingga mendekati 100. Apakah saham GOTO sudah layak beli?

Saham blue chip adalah saham lapis satu di bursa efek Indonesia karena memiliki kapitalisasi pasar besar mencapai ratusan hingga ribuan triliun rupiah.

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), saham blue chip tergabung di Indeks LQ45. Saham GOTO termasuk salah satu anggota LQ45 periode Agustus 2023-Februari 2024.

Pada perdagangan Kamis 7 Desember 2023, harga saham GOTO ditutup di level 95, naik 3 poin atua 3,26% dibandingkan sehari sebelumnya. Selama perdagangan 30 hari terakhir, harga saham GOTO naik 19 poin atau 25%.

 

Kenaikan harga saham GOTO lantaran isu kerjasama dengan TikTok. Terbaru, ada kesepakatan TikTok untuk berinvestasi di salah satu unit Grup GoTo dalam layanan belanja online.  

Melansir dari Bloomberg, Selasa (5/12), perusahaan di bawah naungan ByteDance Ltd itu akan bekerja sama dengan PT Tokopedia di beberapa wilayah dibanding bersaing dengan platform Indonesia. 

Meski keduanya telah mencapai kesepakatan informal, tetapi rincian akhir dari kerja sama ini masih dalam proses penyelesaian sehingga berpotensi berubah sebelum diumumkan.

“Perjanjian tersebut juga masih harus mendapat persetujuan peraturan dan masih bisa gagal," tutur sumber Bloomberg.

Kontan.co.id sudah menghubungi pihak GOTO, tetapi GOTO belum memberikan tanggapan. Manajemen GOTO juga belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kabar tersebut.

Dengan kabar kerjasama tersebut dan kenaikan harga, apakah saham GOTO memiliki prospek bagus untuk investasi?

Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani melihat, potensi kolaborasi antara TikTok dan GOTO sudah ramai di pasar sejak beberapa minggu. Sayangnya, hal itu belum menjadi katalis positif bagi kinerja GOTO dalam waktu dekat.

Sebab, kondisi keuangan GOTO masih buruk, di mana emiten masih mengalami kerugian berturut sejak beberapa tahun. Selain itu, terlihat momentum kenaikan harga saham GOTO akibat kerjasama dengan TikTok itu sudah hilang dari bulan lalu.

Sebab, sejak beberapa hari belakangan saham GOTO sudah terkoreksi cukup dalam. 

“Hari ini meskipun naik lagi kencang mencapai resistance dan susah tembus jadi potensi turun lagi,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (7/12).

Arjun belum memberikan rekomendasi untuk saham GOTO. Sebab, emiten tersebut masih mengalami kerugian. 

Menurutnya, seberapapun sentimen positif terkait GOTO, masih tidak wajar jika investor berinvestasi ke emiten yang sedang rugi.

“Kecuali kalau ada indikasi jelas atas kemungkinan situasi keuangan mereka akan berubah dan berhasil mencetak laba dalam waktu tertentu,” paparnya.

Itulah rekomendasi saham GOTO untuk perdagangan hari ini, Jumat 8 Desember 2023. Ingat, keputusan untuk membeli atau menjual saham ada di tangan Anda sendiri.

Selanjutnya: Intip Rekomendasi Saham Emiten Prajogo Pangestu yang Kembali Melesat

Menarik Dibaca: Ada yang Diguyur Hujan Petir, Lihat Ramalan Cuaca Besok di Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

×