kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga platinum bisa naik dalam waktu dekat


Selasa, 07 Agustus 2018 / 09:53 WIB
Harga platinum bisa naik dalam waktu dekat
ILUSTRASI. Platinum Bar


Reporter: Michelle Clysia Sabandar | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek harga komoditas platinum tahun ini tampaknya masih suram. Sentimen di pasar masih mengindikasikan harga komoditas logam ini berpotensi melemah tahun ini.

Per pukul 21.08 WIB kemarin, harga platinum kontrak pengiriman Oktober 2018 di Nymex ditutup melemah 1,56% menjadi US$ 823 per ons troi. Harga saat ini sudah menjauhi level terendahnya.

Sebelum ini, harga platinum sempat jatuh ke US$ 806,30 per ons troi, pada 19 Juli lalu. Ini merupakan harga terendah platinum dalam sekitar sembilan tahun terakhir.

Penurunan harga platinum ini bahkan sudah menimbulkan korban. Perusahaan penambang platinum terbesar kedua di dunia, Impala Platinum Holdings Ltd, terpaksa memberhentikan sekitar 2.500 pekerjanya. Jumlah tersebut mungkin bertambah.

Per Juni lalu, dari 10 gua tambang platinum yang ada di tambang Rustenburg milik Impala, hanya tiga yang masih menghasilkan pendapatan. Selain Impala, Lonmin Plc juga memutuskan lokasi penambangan yang tidak lagi menghasilkan.

Penutupan sejumlah lokasi penambangan ini memang berpotensi mengangkat harga platinum, lantaran produksi platinum jadi berkurang. "Produksi dikurangi, berarti harga akan semakin mahal," terang Andri Hardianto, analis Asia Tradepoints Futures, kemarin.

Cuma, kenaikan harga komoditas ini hanya bersifat sementara. "Jangka pendeknya, harga platinum kemungkinan akan bullish," jelas Andri. Namun dalam jangka panjang, prospek harga platinum bakal bergantung pada permintaan di pasar.

Andri mengatakan, harga platinum bisa bullish dalam jangka panjang jika permintaan dari sektor industri perhiasan dan industri elektronik serta kendaraan listrik kembali meningkat. Saat ini, penutupan sejumlah lokasi penambangan yang dilakukan produsen platinum akan sedikit menyeimbangkan permintaan dan pasokan di pasar. Tapi dalam jangka panjang, jika permintaan terus turun, harga platinum sulit menguat.

Secara teknikal, Andri melihat semua indikator memberikan sinyal kuat untuk sell. Saat ini harga platinum berada di moving average (MA)50, MA100 dan MA200. Moving average convergence divergence (MACD) berada di level value negatif 29,5. Stochastic berada di 30,6. RSI 14 di level value 30,3. Semua indikator memperkuat sinyal sell.

Andri merekomendasikan sell platinum. Ia memprediksi harga hari ini bergerak di kisaran US$ 830-US$ 840 per ons troi. Sepekan ke depan, ia memprediksi harga bergerak di kisaran US$ 820-US$ 850 per ons troi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×