kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Harga minyak turun lebih 1% siang ini


Selasa, 17 September 2019 / 12:10 WIB

Harga minyak turun lebih 1% siang ini
ILUSTRASI. Asap sisa ledakan di kilang minyak Aramco, Abqaiq, Arab Saudi (14/9/2019).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minyak mentah dunia turun lebih dari 1% pada perdagangan Selasa (17/9). Mengutip Bloomberg pukul 11.39 WIB, minyak Brent pengiriman November turun 1,10% ke US$ 68,26 per barel

Sedangkan, minyak West Texas Intermediate (WTI) pengiriman Oktober 2019 turun 1,38% ke US$ 62,03 per barel.

Baca Juga: Harga Komoditas Energi Melonjak Berkat Minyak premium

Asal tahu, serangan hari Sabtu (14/9) terhadap fasilitas kilang Saudi Aramco telah meningkatkan ketidakpastian di pasar yang relatif tenang dalam beberapa bulan terakhir. Arab Saudi adalah pengekspor minyak top dunia.

Harga melonjak hampir 20% dalam perdagangan intraday pada hari Senin (16/9) merespon serangan, lompatan terbesar hampir 30 tahun, sebelum ditutup lebih tinggi sekitar 15%. Pasar saham dan pasar lainnya juga tertekan pada hari Selasa (17/9).

Baca Juga: Harga Minyak Naik, Saham Berbasis Komoditas Ikut Terdongkrak premium

"Pertanyaannya adalah berapa lama suplai untuk kembali online," kata Esty Dwek, kepala strategi pasar global Natixis Investment Managers dilansir dari Reuters.

Jepang mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan mempertimbangkan pelepasan cadangan minyak yang terkoordinasi jika perlu.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Senin bahwa Iran seperti berada di balik serangan terhadap fasilitas minyak Saudi, tetapi menekankan tidak ingin terjadi perang. Teheran telah menolak tuduhan bahwa itu di belakang serangan pesawat tak berawak. 


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×