kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Terus Tertekan di Tengah Kekhawatiran Resesi dan Permintaan Melambat


Jumat, 21 April 2023 / 09:15 WIB
Harga Minyak Terus Tertekan di Tengah Kekhawatiran Resesi dan Permintaan Melambat
ILUSTRASI. Harga minyak mereda pada perdagangan Jumat, memperpanjang kerugian dari dua hari sebelumnya dan menuju penurunan mingguan.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - TOKYO.  Harga minyak turun pada perdagangan hari Jumat, melanjutkan kerugian selama dua hari sebelumnya dan menuju penurunan mingguan, karena data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lemah dan kenaikan persediaan bensin AS meningkatkan kekhawatiran tentang resesi dan permintaan minyak global yang lebih lambat.

Kontrak Brent untuk pengiriman Juni turun sebesar 14 sen atau 0,2%, menjadi US$ 80,96 per barel pada 0101 GMT. Kontrak minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni turun 12 sen atau 0,2%, menjadi US$ 77,25 per barel.

Kedua benchmark turun lebih dari 2% ke level terendah sejak akhir Maret pada hari Kamis di tengah kekhawatiran kemungkinan resesi, dan berada di jalur penurunan mingguan sekitar 6%.

Baca Juga: Dolar AS Hentikan Penurunan Beruntun Ditopang Harapan Kenaikan Suku Bunga pada Mei

"Sentimen pasar tetap bearish setelah data ekonomi AS yang lemah, bersama dengan ekspektasi kenaikan suku bunga, memicu kekhawatiran atas resesi yang dapat mengurangi permintaan minyak," kata Hiroyuki Kikukawa, Presiden NS Trading, unit Nissan Securities.

"WTI diperkirakan akan diperdagangkan dalam kisaran US$ 75 - US$ 80 untuk minggu depan karena investor mencoba mencari tahu apakah permintaan bensin AS akan meningkat menjelang musim mengemudi musim panas, dan apakah permintaan minyak China akan benar-benar meningkat pada paruh kedua tahun ini," kata Kikukawa.

Data ekonomi menunjukkan klaim pengangguran mingguan naik minggu lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja AS mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda melambat karena efek lag dari beberapa kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve bertahan, mengipasi kekhawatiran tentang perlambatan permintaan bahan bakar.

Persediaan minyak mentah AS minggu lalu turun lebih dari perkiraan karena kilang berjalan dan ekspor naik, sementara stok bensin melonjak secara tak terduga karena permintaan yang mengecewakan, data Administrasi Informasi Energi menunjukkan pada hari Rabu.

Baca Juga: Meski Kurs Dolar AS Melemah, Kinerja Reksadana Dolar Tetap Positif

Sementara itu, China dapat memotong kuota untuk ekspor produk minyak sulingan dalam gelombang kedua untuk tahun 2023 karena permintaan domestik meningkat sementara kebutuhan untuk meningkatkan ekonominya melalui produk minyak mereda, sebuah survei Reuters menunjukkan.

Di sisi pasokan, pemuatan minyak dari pelabuhan barat Rusia pada bulan April kemungkinan akan naik ke level tertinggi sejak 2019, di atas 2,4 juta barel per hari, meskipun Moskow berjanji untuk memangkas produksi, kata sumber perdagangan dan pengiriman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×