kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak naik karena rendahnya produksi AS setelah Badai Ida


Kamis, 09 September 2021 / 06:05 WIB
Harga minyak naik karena rendahnya produksi AS setelah Badai Ida
ILUSTRASI. Harga minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - ​JAKARTA. Harga minyak naik lebih dari 1% pada hari Rabu (8/9). Produsen Teluk Meksiko AS membuat kemajuan lambat dalam memulihkan produksi minyak setelah Badai Ida.

Melansir Reuters, harga minyak Brent naik 1,27% menjadi menetap di US$72,95 per barel dan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 1,39% menjadi US$69,3 per barel.

Produsen minyak di Teluk masih berjuang untuk memulai kembali operasi sembilan hari setelah Badai Ida menyapu wilayah itu dengan angin kencang dan hujan lebat.

Baca Juga: Harga minyak mentah tergelincir, terbebani ekspektasi permintaan yang melambat

Sekitar 80% dari produksi minyak Teluk AS tetap offline pada hari Selasa, dengan 79 platform produksi masih kosong. Sekitar 17,5 juta barel minyak telah hilang ke pasar sejauh ini.

Sumur lepas pantai Teluk menghasilkan sekitar 17% dari produksi AS. "Operasi kilang tampaknya membuat pemulihan lebih cepat," kata analis ING dalam sebuah catatan.

Kapasitas sekitar 1 juta barel per hari (bph) ditutup sementara, turun dari puncaknya lebih dari 2 juta barel per hari, kata ING, mengutip laporan situasi terbaru dari Departemen Energi.

Pedagang akan mengamati dengan cermat data inventaris dari kelompok industri American Petroleum Institute yang akan dirilis pada hari Rabu dan Administrasi Informasi Energi AS pada hari Kamis untuk gambaran yang lebih jelas tentang dampak badai pada produksi minyak mentah dan output kilang.

Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan, rata-rata, bahwa stok minyak mentah turun 3,8 juta barel dalam seminggu hingga 3 September, dan mereka mengantisipasi stok bensin turun 3,6 juta barel dan sulingan turun 3 juta barel.

"Ada kemungkinan hilangnya permintaan penyulingan dan jumlah minyak mentah mungkin akan sedikit berkurang," kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho.

EIA mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya memperkirakan produksi minyak mentah AS turun 200.000 barel per hari menjadi 11,08 juta barel per hari pada tahun 2021, penurunan yang lebih besar dari perkiraan sebelumnya untuk penurunan 160.000 barel per hari.

Baca Juga: Harga emas spot ke level terendah 2 pekan, dolar AS memperpanjang penguatannya

Harga juga didukung karena pengunjuk rasa di Libya memblokir ekspor minyak di Es Sider dan Ras Lanuf, seorang insinyur minyak di masing-masing pelabuhan mengatakan, meskipun insinyur lain mengatakan produksi di ladang yang memasok terminal tidak terpengaruh.

Sementara itu, pengawas atom PBB mengkritik Iran karena menghalangi penyelidikan terhadap kegiatan masa lalu dan membahayakan pekerjaan pemantauan penting, yang mungkin memperumit upaya untuk melanjutkan pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir.

Negosiasi antara kekuatan dunia dan Iran telah dihentikan selama hampir tiga bulan sejak pemilihan presiden radikal baru di Iran, mengurangi prospek Teheran untuk dapat melanjutkan ekspor minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×