kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,20   -15,29   -1.66%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Turun US$2 per Barel, Gara-Gara Aksi Protes Covid-19 di China


Senin, 28 November 2022 / 10:52 WIB
Harga Minyak Mentah Turun US$2 per Barel, Gara-Gara Aksi Protes Covid-19 di China
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak turun lebih dari US$2 per barel pada hari Senin (28/11), dengan WTI mencapai level terendah 11-bulan. Aksi protes yang melanda di importir minyak utama China atas kebijakan pembatasan Covid-19 memicu kekhawatiran permintaan.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun US$ 2,16 atau 2,6%, diperdagangkan pada US$ 81,47 per barel pada 0230 GMT, setelah menyelam ke US$ 81,16 pada awal sesi - terendah sejak 11 Januari.

Sementara, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 2,08 atau 2,7% menjadi US$ 74,20 per barel. Itu jatuh sejauh US$ 73,82 - terendah sejak 27 Desember 2021.

Baca Juga: Harga Minyak Brent Ditutup Turun Tipis, Simak Sentimennya

Kedua tolok ukur harga minyak yang mencapai posisi terendah 10 bulan minggu lalu, telah membukukan tiga penurunan mingguan berturut-turut. Brent mengakhiri minggu terakhir turun 4,6%, sementara WTI turun 4,7%.

"Di atas kekhawatiran yang berkembang tentang permintaan bahan bakar yang lebih lemah di China karena lonjakan kasus COVID-19, ketidakpastian politik, yang disebabkan oleh protes yang jarang terjadi atas pembatasan ketat Covio-19 oleh pemerintah di Shanghai, mendorong penjualan," kata Hiroyuki Kikukawa, manajer umum penelitian di Nissan Securities.

Kisaran perdagangan WTI diperkirakan turun menjadi US$70-US$75, katanya, seraya menambahkan pasar bisa tetap bergejolak tergantung pada hasil pertemuan OPEC+ dan batas harga minyak Rusia.

China, importir minyak utama dunia, telah terjebak dengan kebijakan nol-Covid Presiden Xi Jinping bahkan ketika sebagian besar dunia telah mencabut sebagian besar pembatasan.

Ratusan demonstran dan polisi bentrok di Shanghai pada Minggu malam ketika protes atas pembatasan ketat Covid-19 China berkobar untuk hari ketiga dan menyebar ke beberapa kota setelah kebakaran mematikan di ujung barat negara itu.

Gelombang pembangkangan sipil belum pernah terjadi sebelumnya di China daratan sejak Xi mengambil alih kekuasaan satu dekade lalu, ketika frustrasi meningkat atas kebijakan nol-Covid hampir tiga tahun memasuki pandemi.

"Sentimen bearish tumbuh di pasar minyak dengan meningkatnya kekhawatiran atas permintaan di China dan kurangnya tanda-tanda yang jelas dari produsen minyak untuk memangkas produksi lebih lanjut," kata Tetsu Emori, CEO Emori Fund Management Inc.

Baca Juga: Terpengaruh Sentimen Negatif di China, Simak Prospek Bisnis Emiten Nikel

"Kecuali OPEC+ menyetujui pengurangan kuota produksi lebih lanjut atau Amerika Serikat bergerak untuk memuat ulang cadangan minyak strategisnya, harga minyak mungkin akan turun lebih jauh," katanya.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, akan bertemu pada 4 Desember.

Pada Oktober, OPEC+ setuju untuk mengurangi target produksinya sebesar 2 juta barel per hari hingga 2023.

Pertemuan OPEC+ berikutnya akan mempertimbangkan kondisi dan keseimbangan pasar, kantor berita negara Irak mengutip Saadoun Mohsen, seorang pejabat senior di pemasar minyak negara SOMO, mengatakan pada hari Sabtu.

Investor juga fokus pada rencana Barat untuk membatasi harga minyak Rusia.

Kelompok Tujuh (G7) dan diplomat Uni Eropa telah membahas batas harga minyak Rusia antara $65 dan $70 per barel, dengan tujuan membatasi pendapatan untuk mendanai serangan militer Moskow di Ukraina tanpa mengganggu pasar minyak global.

Namun pertemuan perwakilan pemerintah Uni Eropa, yang dijadwalkan pada 25 November malam untuk membahas masalah tersebut, dibatalkan, kata diplomat Uni Eropa. Pada hari Kamis, pemerintah Uni Eropa terpecah pada tingkat di mana untuk membatasi harga minyak Rusia.

Batas harga akan mulai berlaku pada 5 Desember ketika larangan Uni Eropa terhadap minyak mentah Rusia dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×