kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak mentah turun, tertekan peningkatan stok AS


Kamis, 04 November 2021 / 06:16 WIB
Harga minyak mentah turun, tertekan peningkatan stok AS
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak turun pada hari Rabu (3/11), setelah stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) naik lebih dari yang diharapkan dalam pekan terakhir. Ketika persediaan bensin mencapai level terendah empat tahun di negara konsumen minyak terbesar dunia itu.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun US$2,41, atau 2,8%, menjadi US$82,33 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) jatuh US$ 2,74 atau 3,3%, menjadi US$ 81,17 per barel.

Stok minyak mentah naik lebih dari 3,3 juta barel dalam minggu terakhir, lebih dari yang diharapkan, tetapi stok bensin turun ke level terendah sejak November 2017.

Pasokan pasar minyak AS telah mengetat, dengan stok di pusat penyimpanan Cushing, Oklahoma pada level terendah dalam tiga tahun.

Baca Juga: Kenaikan Harga Minyak Kerek Harga BBM

Pedagang juga mengharapkan Federal Reserve AS akan bertindak untuk mengekang inflasi, yang dapat melemahkan beberapa pembelian spekulatif dalam aset berisiko termasuk minyak.

"Pasar sudah berada di bawah tekanan," kata Phil Flynn, analis Price Futures Group di Chicago. "Kami turun karena profit taking dari pertemuan Fed hari ini."

Presiden Joe Biden, berbicara pada pertemuan puncak iklim di Glasgow, menyalahkan lonjakan harga minyak dan gas pada penolakan oleh negara-negara OPEC untuk memompa lebih banyak minyak mentah.

Menurut AAA, harga eceran rata-rata satu galon bensin di Amerika Serikat (AS) akhir-akhir ini di US$3,40, naik sekitar 20 sen dari bulan lalu.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, bertemu pada hari Kamis dan diperkirakan akan mengkonfirmasi kembali rencana untuk menjaga kenaikan pasokan bulanan tetap stabil meskipun ada seruan untuk kenaikan.

Baca Juga: Kilau emas meredup mendekati level terendah 3 pekan setelah pengumuman The Fed

Sebagai tanda harga tinggi mendorong lebih banyak pasokan, BP mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan meningkatkan investasi dalam minyak dan gas serpih AS menjadi US$ 1,5 miliar pada tahun 2022 dari US$ 1 miliar tahun ini.

Secara keseluruhan, produksi AS meningkat menjadi 11,5 juta barel per hari, menyamai level tertinggi produksi AS sepanjang tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×