kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Harga Minyak Mentah Naik 3% Setelah Penurunan Suku Bunga China


Rabu, 14 Juni 2023 / 05:57 WIB
Harga Minyak Mentah Naik 3% Setelah Penurunan Suku Bunga China
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah naik 3% pada hari Selasa (13/6), pulih dari penurunan tajam pada sesi sebelumnya. Setelah bank sentral China menurunkan suku bunga pinjaman jangka pendek untuk pertama kalinya dalam 10 bulan.

Pemotongan suku bunga, yang bertujuan untuk menambah momentum pemulihan pasca-pandemi yang ragu-ragu di ekonomi terbesar kedua dunia dan importir minyak mentah terbesar, kemungkinan akan meningkatkan permintaan minyak.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent naik US$2,22 atau 3% menjadi US$74,06 per barel pada pukul 16:19. Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik US$2,75 atau 3,1% menjadi US$69,19 per barel.

Harga minyak pada hari Senin (12/6) turun sekitar 4%, sebagian karena kekhawatiran tentang ekonomi China setelah data ekonomi yang mengecewakan minggu lalu.

"Pasar menunjukkan rebound dari kemarin," kata Phil Flynn, seorang analis di grup Price Futures.

Baca Juga: Harga Minyak Acuan Ditutup Melemah 4%, Didorong Kegelisahan Jelang Pertemuan The Fed

Pasar saham, yang sering diperdagangkan bersamaan dengan minyak, juga naik pada Selasa.

Sementara itu, peningkatan pasokan global membebani pasar, bersama dengan kekhawatiran tentang pertumbuhan permintaan, menjelang pertemuan The Fed yang berakhir pada hari Rabu.

Sebagian besar pelaku pasar mengharapkan The Fed untuk membiarkan suku bunga tidak berubah, terutama setelah data menunjukkan harga konsumen AS hampir tidak naik pada bulan Mei.

Kenaikan suku bunga The Fed telah memperkuat dolar, membuat komoditas berdenominasi dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya dan membebani harga minyak, sehingga jeda kenaikan suku bunga bisa menjadi bullish.

Bank Sentral Eropa diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada hari Kamis.

Kekhawatiran tentang permintaan telah mengungkap dorongan sementara harga minyak dari janji Arab Saudi yang diumumkan awal bulan ini untuk memangkas lebih banyak produksi pada Juli.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mempertahankan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak global 2023 stabil untuk bulan keempat pada hari Selasa, sedikit meningkatkan ekspektasi pertumbuhan permintaan China.

Baca Juga: Wall Street Menghijau, S&P 500 dan Nasdaq Mencapai Level Tertinggi 14 Bulan

Laporan bulanan lainnya oleh Badan Energi Internasional (IEA) yang akan dirilis pada hari Rabu akan memberikan isyarat perdagangan lebih lanjut.

Investor menunggu data industri persediaan minyak AS pada hari Selasa, diikuti oleh data pemerintah pada hari Rabu.

Lima analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan rata-rata persediaan minyak mentah turun sekitar 1,3 juta barel dalam sepekan hingga 9 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×