kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak menguat untuk empat hari perdagangan berturut-turut


Kamis, 09 Desember 2021 / 07:52 WIB
Harga minyak menguat untuk empat hari perdagangan berturut-turut
ILUSTRASI. Kamis (9/12) pukul 7.45 WIB, harga minyak WTI kontrak Januari 2022 menguat 0,32% ke US$ 72,59 per barel.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak menguat untuk empat hari perdagangan berturut-turut hingga pagi ini. Kamis (9/12) pukul 7.45 WIB, harga minyak WTI kontrak Januari 2022 menguat 0,32% ke US$ 72,59 per barel.

Sejalan, harga minyak brent kontrak Februari 2022 di ICE Futures naik 0,50% ke US$ 75,82 per barel. Kenaikan harga minyak ditopang oleh optimisme bahwa varian virus corona omicron tidak akan menghambat pertumbuhan ekonomi global.

Harga minyak brent telah rebound sekitar 10% sejak 1 Desember dengan ekspektasi bahwa omicron hanya akan berdampak terbatas pada permintaan minyak, setelah turun 16% sejak 25 November. Studi awal menunjukkan dua dosis dari tembakan Pfizer-BioNTech mungkin melindungi hanya sebagian terhadap omicron, tetapi dosis ketiga dapat meningkatkan perlindungan itu.

"Beberapa kekhawatiran terkait permintaan minyak akibat omicron mungkin terlalu pesimistis, dan karenanya dengan beberapa berita positif terkait dengan dirilisnya omicron dalam beberapa hari terakhir, harga minyak pulih," kata Giovanni Staunovo, analis komoditas di UBS kepada Reuters.

Baca Juga: Harga emas stabil menunggu data ekonomi esok

Sementara stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) turun 240.000 barel dan stok bensin dan sulingan meningkat karena penyulingan meningkatkan produksi. Namun, pada saat yang sama, produk AS yang dipasok oleh kilang, yang mewakili permintaan, mencapai 20,9 juta barel per hari selama empat minggu terakhir, melebihi tingkat penggunaan konsumen sebelum pandemi.

Pasar memperkirakan bahwa pasokan akan melebihi permintaan pada awal 2022 karena meningkatnya produksi AS dan penambahan pasokan yang berkelanjutan dari Timur Tengah. Sementara OPEC+ memilih untuk mempertahankan jadwal peningkatan pasokan sebesar 400.000 bph setiap bulan.

Baca Juga: Medco Energi (MEDC) mengakuisisi aset Conoco Philips di Indonesia

AS dan Iran telah memulai kembali pembicaraan mengenai program nuklir Iran. Tetapi persetujuan untuk menghidupkan kembali kesepakatan 2015 yang membatasi pengembangan nuklir Iran masih jauh. Para pejabat Barat telah menyuarakan kekecewaan atas tuntutan Iran yang meluas.

Ketegangan antara kekuatan Barat dan Rusia atas Ukraina juga tetap tinggi setelah Presiden AS Joe Biden memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Selasa bahwa Barat akan memberlakukan tindakan ekonomi dan lainnya yang kuat di Rusia jika menyerang Ukraina. Sementara Putin menuntut jaminan bahwa NATO tidak akan melakukannya.

"Semua titik panas ini memberi tahu pasar bahwa ada penambahan risiko dan harga naik," kata Tim Snyder, ekonom di Matador Economics di Dallas. 

Baca Juga: Wall Street menguat tiga hari beruntun hingga Rabu (8/12)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×