kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medco Energi (MEDC) mengakuisisi aset Conoco Philips di Indonesia


Kamis, 09 Desember 2021 / 07:10 WIB
Medco Energi (MEDC) mengakuisisi aset Conoco Philips di Indonesia
ILUSTRASI. Medco Energi (MEDC) akan memiliki saham minoritas pada jaringan pipa gas yang menyuplai pelanggan di Sumatra tengah, Batam, dan Singapura.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi seluruh saham yang diterbitkan ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd (CIHL) dari Phillips International Investment Inc yang merupakan anak perusahaan dari ConocoPhillips (COP). Kesepakatan ini diteken pada Rabu (8/12).

CIHL memegang 100% saham di ConocoPhillips (Grissik) Ltd (CPGL) dan 35% saham di Transasia Pipeline Company Pvt Ltd (Transasia). CPGL adalah Operator dari Corridor PSC dengan kepemilikan 54% working interest.

Corridor PSC memiliki dua lapangan produksi minyak dan tujuh lapangan produksi gas berlokasi di onshore Sumatra Selatan. Mayoritas produksi adalah gas yang dijual melalui kontrak jangka panjang kepada para mitra yang andal di Indonesia dan Singapura. 

Baca Juga: Medco E&P tandatangani LoA penyesuaian harga gas dengan sejumlah perusahaan domestik

Melalui Transasia, MEDC akan memiliki saham minoritas pada jaringan pipa gas yang menyuplai pelanggan di Sumatra tengah, Batam, dan Singapura. Setelah transaksi, proforma pedoman Medco Energi tahun 2022 untuk segmen minyak & gas adalah produksi 155 juta barel setara minyak per hari (mboepd). Belanja modal atau capital expenditure (capex) ditetapkan sebesar US$ 275 juta dan biaya kas per unit di bawah US$10 per barrel oil equivalent (boe).

Roberto Lorato, CEO Medco Energi mengatakan transaksi ini melanjutkan rekam jejak MEDC dalam memberikan nilai tambah melalui akuisisi dan sesuai dengan strategi perubahan iklim kami. Akuisisi ini akan semakin memperkuat posisi Medco Energi di Asia Tenggara dan akan menghasilkan sinergi yang kuat dengan wilayah kerja di Sumatra.

"Kami siap menyambut seluruh pekerja berkualitas dari Corridor PSC untuk bergabung ke dalam grup Medco Energi," terang Roberto dalam siaran pers, Rabu (8/12).

Baca Juga: Medco E&P raih perpanjangan kontrak Blok Senoro-Toili untuk 20 tahun

Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal pertama 2022, dengan mengikuti persyaratan yang berlaku umum serta persetujuan para pemegang saham di rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang akan diadakan sesuai jadwal.

Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco Energi mengatakan, akuisisi Corridor sesuai dengan strategi yang dipasang, yakni memiliki dan mengembangkan aset berkualitas tinggi serta menghasilkan arus kas positif. 

"Akuisisi ini akan memperkuat posisi Medco Energi sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen terkemuka di Indonesia dan memperkuat komitmen kami dalam pembangunan nasional," pungkas Hilmi.

Baca Juga: Medco Energi rampungkan sejumlah proyek EBT dalam lima tahun mendatang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×