kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak menguat ditopang data manufaktur AS yang ciamik


Rabu, 02 September 2020 / 08:01 WIB
Harga minyak menguat ditopang data manufaktur AS yang ciamik
ILUSTRASI. Harga minyak menguat


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak menguat tipis pada akhir perdagangan Selasa (1/9), karena data aktivitas manufaktur Amerika Serikat (AS) yang lebih baik dari perkiraan mendorong harapan untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi. Selain itu, harga emas hitam ini juga disokong oleh proyeksi analis tentang penurunan mingguan keenam dalam persediaan minyak mentah AS.

Mengutip Reuters, Selasa (1/9), harga minyak mentah berjangka jenis Brent kontrak pengiriman November 2020 naik 30 sen menjadi US$ 45,58 per barel. 

Serupa, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman Oktober 2020 juga ditutup pada level US$ 42,76 per barel, naik 15 sen. 

Baca Juga: Wall Street menguat, ditopang aktivitas pabrik AS yang naik ke level tertinggi

Harga minyak berjangka memperpanjang kenaikan sedikit dalam perdagangan pasca penyesuaian setelah kelompok perdagangan American Petroleum Institute (API) mengatakan stok minyak mentah AS turun lebih dari yang diharapkan pada pekan lalu. 

"Angka manufaktur dan bullish di sekitar vaksin virus AstraZeneca menambah optimisme pasar," kata Bob Yawger, Director of Energy Futures Mizuho di New York. 

Berdasarkan jajak pendapat Reuters jelang data mingguan dari API, persediaan minyak mentah Negeri Paman Sam diperkirakan turun hampir 2 juta barel pekan lalu. Sebelumnya API mengatakan stok turun 6,36 juta barel dalam seminggu.

Menambah sentimen positif bagi minyak datang dari aktivitas manufaktur AS yang melaju ke level tertinggi lebih dari 1 tahun pada bulan Agustus di tengah lonjakan pesanan baru, tetapi ketenagakerjaan terus tertinggal, mendukung pandangan bahwa pemulihan pasar tenaga kerja kehilangan momentum.

Institute for Supply Management (ISM) merilis, indeks aktivitas pabrik AS meningkat menjadi 56,0 bulan Agustus dari 54,2 pada Juli. Itu merupakan level tertinggi sejak Januari 2019 dan menandai pertumbuhan tiga bulan berturut-turut.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×