kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,87   -4,49   -0.48%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak dunia naik 1% meski produksi AS mencapai rekor baru


Kamis, 19 Juli 2018 / 07:08 WIB
Harga minyak dunia naik 1% meski produksi AS mencapai rekor baru
ILUSTRASI.


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak naik pada hari Rabu (18/7) setelah data pemerintah AS menunjukkan kenaikan permintaan bahan bakar minyak (BBM). Ini membayangi persediaan minyak mentah AS dan produksi minyak mentah AS yang mencapai 11 juta barel per hari untuk pertama kalinya.

Minyak mentah Brent berjangka naik 74 sen menjadi US$ 72,90 per barel (1%). Harga kontrak berjangka mencapai US$ 71,19 per barel, terendah sejak 17 April.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 68 sen (1%), menetap di US$ 68,76 per barel.

Stok minyak mentah AS mengejutkan pasar dengan kenaik 5,8 juta barel pekan lalu. Produksi minyak AS mencapai 11 juta barel per hari untuk pertama kalinya. Administrasi Informasi Energi mengatakan itu pada hari Rabu.

Impor minyak mentah AS pekan lalu naik 2,2 juta barel per hari, data menunjukkan.

"Pergeseran data stok mingguan minyak mentah AS semakin dipengaruhi oleh perdagangan internasional dan ini pasti terjadi pada data minggu ini," kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates dalam sebuah catatan. "Sementara kami memperkirakan kenaikan impor dan penurunan ekspor, perubahan dalam kedua kategori jauh melebihi harapan kami terutama pada sisi impor."

Minyak mentah berjangka memperpanjang penurunan segera setelah rilis data, sebelum merayap lebih tinggi karena pasar membebani beberapa poin yang lebih mendukung dalam laporan, seperti penarikan lebih besar dari perkiraan stok bensin.

Persediaan bensin turun 3,2 juta barel sementara stok minyak distilasi seperti solar dan minyak pemanas turun 371.000 barel, data EIA menunjukkan.

Pasar minyak telah jatuh selama minggu terakhir seiring Arab Saudi dan anggota lain dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak bersama Rusia meningkatkan produksi. Beberapa gangguan pasokan juga telah mereda.

Pemenuhan OPEC dan non-OPEC dengan pembatasan produksi minyak telah menurun menjadi sekitar 120% pada bulan Juni dari 147% pada bulan Mei, dua sumber yang akrab dengan masalah tersebut kepada Reuters pada hari Rabu.

Investor juga mulai khawatir tentang dampak pada permintaan energi dari sengketa perdagangan antara Amerika Serikat dan mitra dagangnya, termasuk China.

Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China dapat menyeret ekonomi global, kata BMI Research.

"Prospek ekonomi secara luas positif, tetapi sejumlah prahara muncul, paling tidak dolar yang lebih kuat, meningkatnya tekanan inflasi, serta pengetatan likuiditas," kata BMI. "Perlambatan pertumbuhan perdagangan akan membebani permintaan fisik untuk minyak."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×