kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,75   -7,60   -0.82%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas terangkat pada ekspektasi lebih banyak stimulus ekonomi yang dikeluarkan


Rabu, 13 Mei 2020 / 06:05 WIB
Harga emas terangkat pada ekspektasi lebih banyak stimulus ekonomi yang dikeluarkan
ILUSTRASI. Harga emas spot naik 0,8% menjadi US$ 1,709,04 per ons troi, Selasa (12/5). REUTERS/Michael Dalder/File Photo


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik pada penutupan perdagangan Selasa (12/5). Di tengah ekspektasi stimulus lanjutan dari Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat (AS) untuk mendukung pemulihan ekonomi setelah terpukul akibat pandemi virus corona.

Mengutip CNBC, harga emas spot naik 0,8% menjadi US$ 1,709,04 per ons troi. Sedangkan, harga emas berjangka naik 0,9% menjadi US$ 1,713.20 per ons troi.

“The Fed akan mulai membeli ETF obligasi untuk pertama kalinya. Ini besar ... ada lebih banyak stimulus yang muncul dan semua orang tahu kapan lebih banyak stimulus, Anda ingin memiliki lebih banyak emas, " kata Michael Matousek, Head Trader di Global Investors AS.

The Fed akan mulai membeli ETF obligasi pada hari Selasa melalui Fasilitas Kredit Korporasi Pasar Sekunder. Fasilitas ini adalah salah satu dari beberapa alat yang baru-baru dibuat oleh The Fed untuk meningkatkan fungsi pasar setelah pandemi virus corona.

Baca Juga: Harga emas naik tipis terdorong kekhawatiran munculnya gelombang kedua virus corona

"Emas selama satu setengah bulan terakhir telah diperdagangkan dalam kisaran," kata Matousek, menambahkan, "salah satu hal positif yang dapat mendorong emas untuk breakout akan lebih bicara tentang banyak stimulus di seluruh dunia."

Presiden Donald Trump pada hari Selasa kembali mendorong The Fed untuk mengadopsi suku bunga negatif, bahkan ketika beberapa anggota bank sentral mengatakan mereka tidak melihat perlunya suku bunga - sekarang mendekati nol - untuk pindah ke wilayah negatif.

Asal tahu, harga emas telah naik lebih dari 12% sepanjang tahun ini. Dipicu upaya bank-bank sentral di seluruh dunia mengeluarkan kebijakan stimulus untuk membatasi kerusakan ekonomi akibat pandemi corona. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×