kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Stabil Menjelang Keputusan ECB dan Data AS pada Kamis (14/9)


Kamis, 14 September 2023 / 18:49 WIB
Harga Emas Spot Stabil Menjelang Keputusan ECB dan Data AS pada Kamis (14/9)
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas bertahan pada hari Kamis (14/9) di dekat level terendah tiga minggu. Menjelang keputusan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa (ECB) dan juga data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang dapat memberikan petunjuk mengenai prospek kebijakan moneter.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,1% menjadi US$1.908,18 per ons troi pada pukul 1121 GMT, setelah menyentuh US$1.904,93, level terendah sejak 25 Agustus. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 0,2% menjadi US$1.929,60.

"Bulls emas sedang menunggu sinyal yang jelas bahwa inflasi sedang diberantas sehingga diskusi mengenai kapan penurunan suku bunga akan terjadi dapat benar-benar dimulai, tetapi masalahnya adalah kita belum sampai pada tahap itu," kata Craig Erlam, analis pasar senior di OANDA.

Baca Juga: Harga Emas Spot Diproyeksikan Turun Setelah CPI AS Naik

Data pada hari Rabu (13/9) menunjukkan, harga-harga konsumen AS meningkat paling tinggi dalam 14 bulan di Agustus, tetapi kenaikan tahunan dalam inflasi yang mendasari adalah yang terkecil dalam hampir dua tahun.

Para pejabat The Fed mendapatkan beberapa bukti penurunan inflasi dan perlambatan ekonomi, tetapi kemungkinan tidak cukup untuk mengecilkan kemungkinan perlunya kenaikan suku bunga lebih lanjut di akhir tahun ini.

"Kekhawatirannya adalah bahwa semakin tangguh perekonomian, semakin lama suku bunga akan tetap tinggi, dan semakin menghukum dari waktu ke waktu," kata Erlam.

Suku bunga yang lebih tinggi menumpulkan daya tarik emas batangan, yang tidak menanggung bunga, dan mengangkat imbal hasil obligasi safe haven yang bersaing.

Para pedagang saat ini memperkirakan peluang 97% bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada Rabu depan, dengan probabilitas 37% untuk kenaikan suku bunga lagi sebelum 2024, menurut CME FedWatch Tool.

Baca Juga: Bukan Emas dan Kripto, Inilah Cara Warren Buffett Menjadi Kaya!

Pasar juga mengamati keputusan Bank Sentral Eropa yang akan dirilis pada 1215 GMT mengenai apakah akan menaikkan suku bunga ke rekor tertinggi. Sementara data penjualan ritel dan indeks harga produsen AS diharapkan pada 1230 GMT.

Di tempat lain, harga perak merosot 1% ke level terendah empat minggu di US$22,62 per ons troi dan platinum naik 0,4% menjadi US$903,81.

Harga paladium turun 0,2% menjadi US$1.256,17, setelah menyentuh level tertinggi dalam tiga minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×