kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Ditutup Melonjak 1%, di Tengah Kegelisahan Perbankan AS


Sabtu, 20 Mei 2023 / 07:25 WIB
Harga Emas Spot Ditutup Melonjak 1%, di Tengah Kegelisahan Perbankan AS
ILUSTRASI. harga emas spot melonjak 1%


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga emas menguat 1% pada perdagangan akhir pekan. Sentimen datang di tengah kekhawatiran baru tentang stabilitas sektor perbankan Amerika Serikat (AS) dan para pedagang memangkas taruhan untuk kenaikan suku bunga lainnya menyusul pernyataan dari Ketua Federal Reserve.

Jumat (19/5), harga emas spot ditutup menguat 1,03% ke US$ 1.977,81 per ons troi. Sejalan, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Agustus 2023 ditutup menguat 1,1% ke US$ 2.000,3 per ons troi.

"Emas naik lebih banyak karena Yellen daripada Powell yang berhati-hati yang masih menunjukkan bahwa pertemuan Juni akan 'dilewati' kecuali data selama beberapa minggu ke depan sangat merepotkan," kata Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York.

Saham pemberi pinjaman regional AS jatuh setelah CNN melaporkan bahwa Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan kepada kepala eksekutif bank bahwa lebih banyak merger mungkin diperlukan menyusul serangkaian kegagalan bank.

Baca Juga: Harga Emas Tertekan Penguatan Dolar AS, Simak Prospek ke Depan

"Tidak ada yang membuat pasar secara refleks mengambil tas mabuk udara lebih dari kegelisahan bank menjelang akhir pekan," tambah Tai Wong.

Di sisi lain, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan masih belum jelas apakah suku bunga AS perlu dinaikkan lebih lanjut, karena pejabat bank sentral menyeimbangkan ketidakpastian tentang dampak kenaikan biaya pinjaman di masa lalu.

Pasar sekarang melihat peluang 82% dari suku bunga The Fed bertahan hingga Juli.

Emas berada di jalur untuk minggu terburuk sejak Februari, karena turun sekitar 1,7% sejauh ini, setelah serangkaian data ekonomi yang kuat.

"Ini adalah minggu di mana emas benar-benar hancur karena ada aliran yang stabil dari optimisme plafon utang dan, sebagai tambahan, beberapa tekanan balik hawkish dari The Fed," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Sementara itu, anggota DPR AS dari Partai Republik dan pemerintahan Demokrat Presiden Joe Biden menghentikan pembicaraan untuk menaikkan plafon utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×