kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Rebound Pada Senin (4/12) Pagi Setelah Anjlok 2% Pekan Lalu


Senin, 04 Desember 2023 / 07:18 WIB
Harga Minyak Rebound Pada Senin (4/12) Pagi Setelah Anjlok 2% Pekan Lalu
ILUSTRASI. Penguatan harga minyak di awal pekan merupakan rebound dari penurunan harga dalam sepekan lalu.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak menguat pada awal pekan ini. Penguatan harga minyak di awal pekan merupakan rebound dari penurunan harga dalam sepekan lalu.

Senin (4/12) pukul 7.05 WIB, harga minyak WTI kontrak Januari 2024 di New York Mercantile Exchange menguat 1,11% ke US$ 74,89 per barel dari posisi akhir pekan lalu US$ 74,07 per barel. Harga minyak acuan Amerika Serikat (AS) ini turun 1,94% pada pekan lalu.

Sejalan, harga minyak Brent kontrak Februari 2024 di ICE Futures menguat 0,95% ke US$ 79,63 per barel pada pagi ini. Pada pekan lalu, harga minyak acuan internasional ini melorot 1,99%. 

Penurunan harga minyak pekan lalu terjadi di tengah skeptisisme investor terhadap besarnya pengurangan pasokan OPEC+ dan kekhawatiran terhadap lesunya aktivitas manufaktur global.

Baca Juga: Harga Emas Menyentuh US$ 2.130 Per Ons Troi Pagi Ini, Tertinggi Sepanjang Masa

Produsen OPEC+ pada hari Kamis sepakat untuk menghapus sekitar 2,2 juta barel per hari (bph) minyak dari pasar global pada kuartal pertama tahun depan. Total tersebut termasuk perpanjangan pemotongan sukarela yang dilakukan Arab Saudi dan Rusia sebesar 1,3 juta bph.

“(Sepertinya) para pedagang tidak percaya bahwa anggota akan patuh atau tidak menganggapnya cukup,” kata analis OANDA Craig Erlam kepada Reuters.

OPEC+, yang memproduksi lebih dari 40% minyak dunia, mengurangi produksi setelah harga turun dari sekitar US$ 98 per barel pada akhir September di tengah kekhawatiran mengenai dampak lesunya pertumbuhan ekonomi terhadap permintaan bahan bakar.

“ Pemangkasan tidak akan menghentikan kebingungan yang memerlukan waktu berminggu-minggu dan berbulan-bulan bagi pasar minyak untuk mengetahuinya, dan hanya jika data yang dilaporkan sendiri memang dapat diandalkan,” kata analis PVM John Evans.

Pemotongan yang disepakati oleh OPEC+ pada hari Kamis bersifat sukarela, sehingga tidak ada revisi kolektif terhadap target produksi OPEC+. Sifat sukarela dari pemotongan tersebut menimbulkan keraguan mengenai apakah produsen akan menerapkan sepenuhnya atau tidak, dan juga atas dasar apa pemotongan tersebut akan diukur.

Baca Juga: Penurunan Harga BBM Non Subsidi Dianggap Sudah Tepat

Di AS, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa bank sentral akan bertindak hati-hati dalam menentukan suku bunga. Manufaktur AS tetap lemah dan lapangan kerja di pabrik turun pada bulan November, menurut sebuah survei.

Survei menunjukkan bahwa investor terus mewaspadai aktivitas manufaktur global, yang tetap lemah selama bulan ini karena permintaan yang buruk.

Pada hari Jumat, pembicaraan untuk memperpanjang gencatan senjata selama seminggu antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas gagal, mendorong dimulainya kembali perang di Gaza. Konflik tersebut awalnya mendukung harga minyak karena adanya kekhawatiran bahwa eskalasi yang melibatkan produsen minyak di sekitarnya dapat mengganggu pasokan. Sejauh ini, konflik tersebut tidak berdampak signifikan terhadap aliran minyak global.

Dari sisi pasokan, Amerika Serikat pada hari Jumat memberlakukan sanksi tambahan terkait batasan harga minyak Rusia, menargetkan tiga entitas dan tiga kapal tanker minyak.

Baca Juga: BI: Inflasi November Tetap Terkendali dalam Kisaran Sasaran

Jumlah rig minyak AS bertambah lima menjadi 505 pada minggu lalu. Jumlah rig beroperasi ini merupakan level tertinggi sejak September, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes dalam laporannya pada hari Jumat.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Jumat menyerukan masa depan tanpa pembakaran bahan bakar fosil sama sekali ketika berbicara pada KTT COP28 yang berlangsung selama dua minggu di UEA.

Manajer keuangan memangkas posisi net long minyak mentah berjangka AS dan opsi dalam pekan yang berakhir 28 November sebanyak 7.663 kontrak menjadi 62.070, menurut Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×