kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45870,48   7,19   0.83%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Menguat pada Rabu (19/6) Sore di Tengah Pelemahan Data Ekonomi AS


Rabu, 19 Juni 2024 / 17:21 WIB
Harga Emas Menguat pada Rabu (19/6) Sore di Tengah Pelemahan Data Ekonomi AS
ILUSTRASI. Rabu (19/5) pukul 15.52 WIB, harga emas di pasar spot naik 0,2% menjadi US$ 2.332,09 per ons troi.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik tipis pada hari Rabu. Aktivitas ekonomi AS yang lesu membuat harapan untuk setidaknya satu kali penurunan suku bunga pada tahun ini.

Rabu (19/5) pukul 15.52 WIB, harga emas di pasar spot naik 0,2% menjadi US$ 2.332,09 per ons troi. Harga emas berjangka AS stabil di US$ 2.346,80 per ons troi.

Penjualan ritel AS hampir tidak meningkat pada bulan Mei. Sementara penjualan ritel untuk bulan sebelumnya direvisi jauh lebih rendah. Data terbaru ini menunjukkan aktivitas ekonomi masih lesu pada kuartal kedua.

Hal ini sedikit meningkatkan kemungkinan penurunan suku bunga Federal Reserve pada bulan September menjadi 67%, dari 61% pada hari sebelumnya, menurut alat CME FedWatch.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian, Siang Ini Rabu 19 Juni 2024, Cek Daftarnya di Sini

Penggerak utama pergerakan harga emas masih berupa ekspektasi pasar terhadap kebijakan moneter The Fed. "Meskipun harga emas naik, pergerakan tersebut cukup lemah karena pasar menunggu berita yang lebih penting," kata Ricardo Evangelista, analis senior di ActivTrades kepada Reuters.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Ekspektasi pasar menunjukkan setidaknya satu kali penurunan suku bunga oleh The Fed. Skenario tersebut sepenuhnya diperhitungkan dalam nilai tukar dolar.

"Pembelian pemerintah (emas) juga tetap stabil. Jadi, kecuali ada perubahan signifikan dalam skenario ini, harga akan tetap stabil. diperkirakan akan tetap didukung di atas level US$ 2.300," kata Evangelista.

Baca Juga: Harga Emas Stabil, Penjualan Ritel yang Lemah Meningkatkan Ekspektasi Penurunan Bunga

Harga emas naik sekitar 1,3% pada hari Jumat lalu di tengah tanda-tanda menurunnya inflasi di AS. Harga juga terangkat oleh aksi jual ekuitas Eropa karena pasar saham Prancis terpukul oleh gejolak politik.

"Ketidakpastian politik di sekitar Eropa dapat menjadi hal yang positif bagi emas, dengan semakin dekatnya pemilu di Prancis dan Inggris," kata analis pasar Kinesis Money Carlo Alberto De Casa.

Namun, fokus yang lebih mendesak adalah pada data klaim pengangguran mingguan AS pada hari Kamis dan indeks manajer pembelian awal pada hari Jumat.

Harga perak di pasar spot naik 0,1% menjadi US$ 29,54 per ons troi, harga platinum naik 0,7% menjadi US$ 978,99 dan paladium naik 1,7% menjadi US$ 902,20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×