kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas Antam menunjukkan tren penurunan dalam sepekan terakhir


Jumat, 29 November 2019 / 19:33 WIB
Harga emas Antam menunjukkan tren penurunan dalam sepekan terakhir


Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terpengaruh nilai tukar rupiah dan menanti kepastian kesepakatan perang dagang Amerika Serikat (AS) - China harga emas Antam bertahan.

Mengutip data logammulia.com, harga emas Antam sepekan terakhir cenderung bergerak turun tipis. Pekan lalu, Jumat (22/11) harga emas Antam per gramnya berada di harga Rp 748.000 dan hari ini Jumat (29/11) harga emas Antam berada di kisaran Rp 744.000 per gramnya.

Baca Juga: Pasar Terpecah Soal Kesepakatan Dagang, Harga Emas Hari Ini Cuma Naik Tipis

Sementara di pasar spot, mengutip data bloomberg pukul 15.03 harga emas untuk kontrak Februari 2020 terpantau mengalami tren penurunan. Harga emas di pasar spot terus turun sejak (22/11) lalu yang berada di harga US$ 1.470,50 menjadi US$ 1.464,70 pada perdagangan hari ini.

Analis Maxco Futurus Suluh Adil WIcaksono sebut sepekan terakhir, pergerakan Logam Mulia Antam tertahan di level rendah seiring emas di pasar spot yang juga melemah terimbas perang dagang.

"Pergerakan Logam Mulia Antam tertahan di level rendah. harga emas Antam seiring dengan melemahnya emas spot. Emas spot di kisaran 1.450 per toz-1.460 per toz. Jauh di bawah level psikologis 1.500 per toz. Pelemahan ini disebabkan fundamental perang dagang dan kenaikan indeks saham (aset beresiko)," tutur Suluh yang dihubungi Kontan Jumat (29/11).

Baca Juga: Keluar dari Zona Hijau, Harga Emas Kian Mantap Di Jalur Penurunan Terbesar

Berbeda dengan Suluh, analis Monex Future Indeks Ahmad Yudiawan justru nilai pelemah yang saat ini terjadi baik pada harga jual emas Antam maupun emas di pasar spot merupakan koreksi semata.

"Trend turun tergantung di lihat dari timeframe berapa bulanan, mingguan. Kalau dari bulanan dan mingguan sebenarnya penurunannya masih tahap koreksi dari kenaikan. Makan wajar kalau aset itu naik dan terkoreksi dan melanjutkan kenaikan kembali seperti itu. Tapi orang melihatnya beda. Kalau dilihat dari timeframe yang kecil karena penurunannya tajam dibilang turun, hanya timeframe yang lebih besar periode waktu yang lebih besar, biasanya akan dapat lihat kondisi yang lebih jelas. Jadi saya kira untuk penurunan harga emas saat ini itu adalah koreksi dari kenaikan dan potensialnya dapat membawa harga emas lebih tinggi lagi," papar Yudi dihubungi Kontan.co.id, Jumat (29/11).




TERBARU

[X]
×