kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Batubara Naik 15,10% dalam Sebulan, Intip Rekomendasi Saham Emitennya


Senin, 21 Agustus 2023 / 14:44 WIB
Harga Batubara Naik 15,10% dalam Sebulan, Intip Rekomendasi Saham Emitennya
ILUSTRASI. Aktivitas bongkar muat batubara di area pertambangan PT Adaro Indonesia di Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (17/10). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo/kye/17.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja emiten batubara diperkirakan masih volatil di tengah kenaikan harga batubara yang terjadi selama sebulan terakhir. Melansir Trading Economics, Senin (21/8), harga batubara ada di level US$ 149,50, naik 14,12% dalam sebulan.

Analis Henan Putihrai Sekuritas, Ezaridho Ibnutama mengatakan, hal tersebut masih tercermin dari kinerja IDX Sector Energy yang masih negatif di semester I 2023. Dilansir dari laman BEI, kinerja IDX Sector Energy turun sebesar 12,21% secara year to date (YTD).

“Ini karena batubara tahun ini mengalami downtrend seusai bullish momentum di tahun 2022,” ujarnya kepada Kontan, Jumat (18/8).

Menurut Ezaridho, harga batubara dalam 1-2 bulan terakhir mengalami rebound. Namun, pemulihan itu hanya bersifat sementara.

Baca Juga: Banyak Sentimen Positif, Analis Rekomendasi Beli Saham Batubara Harga Receh Ini

“Sebab, tren besarnya harga batubara ini masih akan turun. Jadi, rebound harga ini hanya sementara saja di tengah major bearish sentiment,” tuturnya.

Jika harga batubara mengalami kenaikan, Ezaridho melihat, semua emiten produsen batubara tentu akan mendapatkan keuntungan. Selain itu, jika harga batubara naik, sentimen positifnya bisa ikut menggerakkan pasar modal Indonesia secara keseluruhan.

“Ini akan jadi penggerak utama ke pasar modal Indonesia signifikan, sebab market cap emiten batubara ini lumayan besar,” ungkapnya.

Meskipun tidak menyebutkan target harga, Ezaridho merekomendasikan buy untuk ADRO dan BUMI.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×