kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,93   13,36   1.33%
  • EMAS987.000 0,30%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hanya reksadana pasar uang yang catatkan kinerja positif dalam sepekan terakhir


Senin, 06 Desember 2021 / 14:01 WIB
Hanya reksadana pasar uang yang catatkan kinerja positif dalam sepekan terakhir
ILUSTRASI. Ilustrasi reksadana. KONTAN/Muradi/2017/09/26


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan kemarin kembali berada dalam tren negatif. Dalam kurun waktu tersebut, tercatat, IHSG mengalami koreksi 0,35%.

Tak pelak, penguatan IHSG pun ikut mendorong kinerja reksadana berbasis saham melemah. Berdasarkan dari laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan, Senin (6/12) reksadana saham melemah 0,24%, sementara reksadana campuran juga melemah 0,22%. 

"Selama sepekan, terjadi aksi jual investor asing di pasar saham senilai Rp3,35 triliun dan Rp6,51 triliun di pasar surat utang. Hal ini seiring dengan varian Covid-19 omicron yang sudah masuk ke negeri tetangga dan dikhawatirkan menyebar di dalam negeri," tulis Infovesta Utama dalam rilisnya.

Aksi jual tersebut ikut membuat pasar obligasi berhasil mencatatkan pelemahan setelah Infovesta Government Bond Index turun 0,38%. Walaupun Infovesta Corporate Bond Index naik 0,13%. Kinerja reksadana pendapatan tetap pun turun 0,42% dalam sepekan terakhir. 

Baca Juga: Strategi Trimegah AM bukukan kinerja reksadana saham yang maksimal

Sementara reksadana pasar uang tercatat berhasil mencatatkan kenaikan 0,04%.

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year to date hingga pada 3 Desember 2021. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Reksadana Treasure Saham Mantap sebesar 99,82%. Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh Jarvis Balanced Fund dengan tumbuh sebesar 56,43%

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Mega Dana Pendapatan Tetap sebesar 9,40%. Lalu untuk reksadana pasar uang, DPLK BRI Fix jadi yang tertinggi dengan return sebesar 6,62%

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah Syailendra ETF MSCI Indonesia ESG Universal sebesar 15,24%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Danamas Dollar sebesar 3,31%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×