kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup Salim Bakal Ambil Bagian Dari Private Placement Bumi Resources (BUMI)


Jumat, 07 Oktober 2022 / 13:51 WIB
Grup Salim Bakal Ambil Bagian Dari Private Placement Bumi Resources (BUMI)
ILUSTRASI. Anthoni Salim bakal serap private placement Bumi Resources (BUMI)


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grup Salim atau Anthoni Salim akan turut ambil bagian dalam private placement yang dilakukan PT Bumi Resources Tbk (BUMI) melalui perusahaan cangkang asal Hong Kong.

Dalam dokumen keterbukaan informasi, Grup Salim akan masuk lewat dua perusahaan cangkang, yakni Mach Energy Limited (MEL) dan Treasure Global Investment (TGIL).

Asal tahu saja, PT Bakrie Capital Indonesia (BIC) menggenggam 42,50% saham MTEL di bawah kendali Grup Bakrie. Kemudian ada Clover Wide Limited yang punya 15% saham MTEL.

Lalu, saham MEL juga dimiliki oleh Mach Energy Pte. Ltd. yang berkedudukan di Singapura sebesar 42,50%. Perusahaan ini ada di bawah kendali Anthoni Salim atau Grup Salim.

Baca Juga: Bumi Resources (BUMI) akan Private Placement, Ini Catatan Analis untuk Investor

Merujuk keterbukaan informasi, Mach Energy Limited ini akan mengambil 85% dari saham yang dilepas BUMI lewat private placement. Sisanya 15% akan diambil Treasure Global Investment.

Sementara, PT Aswana Pinasthika menggenggam 16,15% saham TGIL dan dikendalikan oleh Agoes Projosasmito. Sisanya 83,85% saham TGIL dikempit oleh Mach Energy Pte. Ltd, yang dikendalikan oleh Anthoni Salim.

Seperti yang diketahui, emiten tambang afiliasi Grup Bakrie ini akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 200 miliar saham biasa di seri C pada harga Rp 120 per saham.

Lewati aksi korporasi ini, BUMI berpotensi mendapatkan dana segar sebanyak-banyaknya Rp 24 triliun atau setara dengan US$ 1,6 miliar pada kurs tukar Rp 15.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

 

Nantinya dana hasil private placement ini bakal digunakan untuk penyelsaian kewajiban berupa pembayaran utang PKPU dan tambahan modal kerja serta pembayaran biaya-biaya terkait.

Untuk melancarkan aksi korporasi ini, Bumi Resources meminta restu pada para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 11 Oktober 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×