kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gotrade dan BBJ Permudah Trading di Bursa AS dengan Aman dan Legal


Jumat, 07 Oktober 2022 / 19:06 WIB
Gotrade dan BBJ Permudah Trading di Bursa AS dengan Aman dan Legal
ILUSTRASI. Gotrade Indonesia


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gotrade mengumumkan telah memfasilitasi penyelenggaraan Penyaluran Amanat Nasabah ke Bursa Berjangka Luar Negeri (PALN) atas Kontrak Derivatif Single Stock bekerja sama dengan Bursa Berjangka Jakarta (BBJ).

Skema ini tunduk pada Peraturan Bappebti No 1 dan 2 tahun 2022 yang sudah berlaku efektif sejak Maret 2022 lalu. Skema PALN single stock menjadi salah satu opsi skema perdagangan dan investasi yang dapat membuka peluang untuk portfolio baru bagi konsumen Indonesia.

Kerja sama Gotrade dengan BBJ diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) di bawah Kementerian Perdagangan.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyebutkan bahwa hingga Mei 2022, jumlah investor ritel yang memperdagangkan produk di bawah Bappebti mencapai 14,1 juta investor. Angka tersebut bertambah hampir 3 juta investor dari 11,2 juta dibanding akhir Desember 2021.

Ajisatria Suleiman, VP Gotrade Indonesia mengatakan pertumbuhan pesat ini menunjukkan minat yang sangat besar di kalangan investor ritel. Khususnya generasi Z dan milenial profesional muda berusia 40 tahun ke bawah.

Baca Juga: BBJ Targetkan Transaksi PALN Single Stock 5 Juta Lot Hingga Akhir Tahun

"Situasi pertumbuhan masif ini membuat investor sangat membutuhkan lebih banyak skema-skema perdagangan dan investasi yang bisa membuka peluang lebih besar dalam hal portfolio baru, termasuk peluang lintas negara," terang Ajisatria dalam acara media briefing, Jumat (7/10).

Hal lain yang tidak kalah penting, adalah kebutuhan akan diversifikasi investasi, untuk memperkuat portfolio. Sebagai contoh, akses terhadap berbagai produk investasi pada bursa di Amerika Serikat seperti NASDAQ dan New York Stock Exchange (NYSE).

“Melihat peluang ini, Gotrade hadir untuk memfasilitasi penyelenggaraan PALN single stock bekerja sama dengan BBJ. Gotrade ingin memberikan opsi kepada investor ritel di Indonesia untuk melakukan diversifikasi portofolio secara legal dan aman,” kata Ajisatria.

Gotrade sendiri telah diluncurkan secara global pada September 2021 dan enam bulan sejak peluncuran Gotrade telah memiliki ratusan ribu pengguna di seluruh dunia.

Sementara, Direktur Utama BBJ Stephanus Paulus Lumintang menjelaskan, saat ini animo investor masih terus meningkat dan menunjukkan bahwa PALN ini sangatlah potensial untuk terus berkembang.

“Kondisi menjelang resesi ekonomi yang ada di Amerika dan beberapa negara maju tidak menyurutkan minat investasi masyarakat Indonesia. Justru kondisi ini membuat masyarakat semakin membutuhkan perputaran dananya. Minat investasi masyarakat tetap tumbuh tinggi. Hingga tadi malam (6/10) sudah terdapat 2 juta volume transaksi sejak dibuka PALN pada akhir Maret lalu,” jelas Paulus.

Menurutnya, angka yang dicapai dalam transaksi PALN tersebut sudah sangat melampaui perkiraan BBJ untuk transaksi harian sebanyak 75.000 traded. Di tahun depan, Paulus memperkirakan volume transaksi PALN akan mencapai 5 juta.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×