kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelar MESOP, Wintermar (WINS) Tawarkan 3,05 Juta Saham


Senin, 30 Mei 2022 / 16:15 WIB
Gelar MESOP, Wintermar (WINS) Tawarkan 3,05 Juta Saham
ILUSTRASI. Wintermar Offshore Marine (WINS) akan menggelar management and employee stock ownership program) atau MESOP Tahap IV.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) tengah dalam periode exercise program kepemilikan saham manajemen dan karyawan (management and employee stock ownership program) atau MESOP Tahap IV. Aksi korporasi ini berlangsung selama 30 hari kerja bursa, terhitung sejak 1 Mei 2022.

Head Investor Relations & Corporate Planning WINS Pek Swan Layanto mengatakan, sedari awal melantai di BEI, WINS telah memiliki rencana dan tujuan untuk meningkatkan kepemilikan saham karyawan atau employee share ownership.

Ia menyebutkan, hal pertama yang melandasi MESOP ini untuk meningkatkan sense of ownership sehingga setiap setiap karyawan juga menganggap sendiri sebagai pemilik perusahaan dan lebih setia dan peduli mengenai performa perseroan. Kedua, MESOP ini dapat menciptakan "alignment of interest" dari karyawan dan investor saham WINS.

"Ketiga, ini ada tool untuk memberikan insentif manajemen untuk kerja keras meningkatkan performa perusahaan dari MESOP. Sebab, kalau berhasil untuk mencari bisnis yang lebih profitable, ini juga meningkatkan harga saham dan keuntungan dari MESOP," kata Pek Swan saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (30/5).

Baca Juga: Kinerja Emiten Pelayaran Mengembang, Simak Rekomendasi Sahamnya

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Wintermar mematok harga pelaksanaan MESOP senilai Rp 120 per saham. Adapun jumlah opsi yang dapat dikonversi sebanyak-banyaknya 3.050.000 lembar saham.

Walhasil, jika semua saham yang ditawarkan berhasil terserap maka dana yang bisa dihimpun Wintermar sebanyak-banyaknya mencapai Rp 336 juta.

Pek Swan menyebutkan dalam MESOP ada aturan lock up masing-masing. Untuk periode Mei 2022, perseroan hanya bisa mengeluarkan 3,05 juta lembar saham dari jumlah saham keseluruhan sejumlah 4,34 miliar saham.

"Sekarang jumlah MESOP masih sangat kecil. Jadi tidak ada dampak banyak di harga saham," imbuhnya.

Baca Juga: Hingga Kuartal I-2022, Wintermar (WINS) Kantongi Kontrak US$ 64 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×