Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) menjalin kerjasama distribusi dengan produsen cokelat dan produk kakao terkemuka Barry Callebaut Group mulai 9 Februari 2021. Kerjasama ini dilakukan melalui Barry Callebaut Chocolate Asia Pacific Pte Ltd dan anak usaha Garudafood di bidang distribusi, yakni PT Sinarniaga Sejahtera (SNS).
SNS akan mendistribusikan produk cokelat compound Barry Callebaut dengan merek Van Houten Professional ke seluruh jalur food service SNS yang ada di wilayah Indonesia. Target pasar produk ini adalah para artisan dan jaringan toko roti, kafe, restoran, pedagang grosir, serta segmen pembuat kue rumahan yang berkembang pesat.
Asal tahu saja, per September 2020, SNS memiliki jaringan di seluruh Indonesia dengan 131 kantor cabang dan sekitar 140 mitra sub-distributor serta agen dengan jangkauan lebih dari 360 ribu pelanggan aktif. Adapun varian produk-produk tersebut akan tersedia secara komersial di pasaran sekitar Maret 2021.
Direktur Garudafood Paulus Tedjosutikno menjelaskan, kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan portofolio bisnis Garudafood dalam bidang perdagangan dan distribusi makanan berbasis cokelat.
"Kami yakin untuk menjadi pemain yang dapat diperhitungkan dalam mendukung pertumbuhan konsumsi produk cokelat di Indonesia dengan mengoptimalkan jaringan distribusi food service kami," kata Paulus dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/2).
Baca Juga: Bersinergi dengan Garudafood, Mulia Boga (KEJU) yakin tumbuh positif di tahun depan
Menurut Paulus, kerjasama ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Barry Callebaut dan Garudafood yang pertama kali terjalin pada 2015. Kemitraan tersebut kini berfokus pada pasokan industri cokelat compound melalui dua pabrik cokelat di Indonesia, yakni di Gresik-Jawa Timur dan Rancaekek-Jawa Barat.
Dengan kekuatan strategi penjualan dan distribusi Garudafood di berbagai jaringan serta didukung oleh kompetensi Barry Callebaut lewat berbagai merek cokelatnya yang terkenal untuk kategori business-to-business, kedua perusahaan berkomitmen menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan di segmen cokelat compound di Indonesia.
Managing Director Chocolate Indonesia & Vice President, Food Manufacturers, Asia Tenggara, Barry Callebaut Shuo-yen Choo mengatakan, Van Houten Professional merupakan merek legendaris asal Eropa yang dimiliki Barry Callebaut. Menurut dia, merek ini telah menjadi pemimpin pasar di Asia.
"Lewat kerjasama dengan Garudafood, kami kembali bermitra dengan pemimpin pasar di negara dengan perekonomian yang paling dinamis di Asia Pasifik, serta memiliki wilayah jangkauan strategis di Indonesia yang terus berkembang, bahkan di tengah kondisi yang penuh tantangan," ungkap Shuo-yen Choo.
Ia mengatakan, Van Houten Professional menawarkan varian produk cokelat dan cokelat compound yang lengkap dan telah disesuaikan dengan kebutuhan teknis produsen makanan coklat. Selain mengutamakan mutu, cita rasa, dan kenyamanan, seluruh produk Van Houten Professional mengandung kakao lestari yang dipasok 100% dengan cara yang berkelanjutan melalui Cocoa Horizons Foundation.
Cocoa Horizons Foundation adalah lembaga nirlaba yang dibentuk Barry Callebaut untuk memberikan dampak positif bagi komunitas petani kakao.
Shuo-yen Choo mengklaim, Van Houten Professional akan menjadi merek mass market pertama di Indonesia yang menawarkan kakao yang dipasok secara berkelanjutan dalam program Cocoa Horizons.
Selanjutnya: Pengendali Garudafood menjual 5,7 juta saham GOOD sejak awal November
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News