kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fokus Salurkan Kredit ke Korporasi Swasta, Simak Rekomendasi Saham BBNI Berikut Ini


Minggu, 19 November 2023 / 06:05 WIB
Fokus Salurkan Kredit ke Korporasi Swasta, Simak Rekomendasi Saham BBNI Berikut Ini
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di salah satu kantor cabang Bank BUMN di Jakarta, Kamis (2/6). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/06/2022.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) diharapkan mampu mencatatkan pertumbuhan kredit double digit di kuartal terakhir ini. Sentimen di akhir tahun menjadi momentum bagi BBNI untuk menyalurkan kredit lebih banyak terutama untuk korporasi swasta.

Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nicodemus mengatakan, BBNI merupakan salah satu emiten perbankan yang mampu mencetak pertumbuhan kredit tetap positif. Kredit BBNI sukses bertumbuh sekitar 7,8% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 671,37 triliun pada kuartal ketiga 2023.

Pertumbuhan penyaluran kredit BBNI tersebut juga sesuai harapan dengan proyeksi manajemen, yang mengharapkan pinjaman utama akan berasal dari segmen korporasi swasta. Sementara itu, net interest margin (NII) BBNI mengalami kenaikan sebesar 3,1%YoY pada kuartal ketiga.

BBNI mampu meraih pertumbuhan laba bersih sebesar 15.1% YoY dalam periode sembilan bulan tahun 2023 menjadi Rp 15,75 triliun. Rendahnya biaya provisi menjadi salah satu daya dorong yang utama dalam menjaga kinerja solidnya BBNI.

Baca Juga: AMMN Jadi Kandidat Terkuat Masuk Indeks MSCI, Ini Rekomendasi Sahamnya dari Analis

Nico tetap yakin BBNI akan mencatatkan kinerja positif pada kuartal terakhir tahun ini, meskipun tekanan cost of fund (CoF) atau biaya dana muncul yang terlihat dari kenaikan menjadi 2.1% pada kuartal ketiga 2023.

Dimana salah satu penyebab naiknya biaya dana akibat perubahan tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI). Menurut Nico, suku bunga yang dikerek naik bisa meningkatkan margin, namun di sisi lain akan menyebabkan penurunan pertumbuhan kredit.

Oleh sebab itu, fokus terhadap kualitas merupakan salah satu strategi BBNI untuk menjaga pertumbuhan. Non performing loan (NPL) BBNI sendiri sudah turun dari sebelumnya 3% menjadi 2.3% YoY per September 2023.

Adapun Manajemen BBNI masih mempertahankan proyeksi pertumbuhan kredit 2023 sebesar 7% - 9%, dengan segmen korporasi swasta menjadi kontributor utama. Kualitas pertumbuhan masih akan menjadi salah satu fokus utama BBNI.

“Stabilitas pemulihan ekonomi dan terjaganya daya beli serta konsumsi juga menjadi salah satu alasan meningkatnya aktivitas transaksi yang tentu akan menjaga kinerja BBNI,” imbuh Nico kepada Kontan.co.id, Senin (13/11).

Senior Investment Information Mirae Aset Sekuritas Indonesia, Nafan Aji Gusta menyoroti  bahwa pertumbuhan kredit BBNI yang ditopang segmen korporasi swasta sejalan dengan solidnya perekonomian domestik. Kinerja ekspor-impor pun masih cukup bagus yang tercermin dari surplus neraca perdagangan.

Korporasi swasta memang menjadi incaran BBNI terutama emiten tergolong blue chip. Sektor-sektor yang saat ini banyak dilirik BNI adalah yang berhubungan dengan hilirisasi, tambang, hingga energi.

Baca Juga: ROE Emiten Tambang Anggota Indeks Kompas100 Tinggi, Begini Kata Analis

“Jadi wajar saja perusahaan swasta terus lakukan ekspansi bisnis. Apalagi BBNI merupakan Bank KBMI 4 yang bisa memberikan likuiditas dan stabilitas pinjaman,” ucap Nafan saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (13/11).

Nafan optimis pertumbuhan kredit BBNI bisa tumbuh double digit pada kuartal IV-2023 ini. Kinerja BBNI bisa terangkat lebih tinggi berkat adanya kombinasi positif dari meningkatnya konsumsi di masa jelang pemilu seiring naiknya belanja pemerintah dan momentum Nataru yang bisa mendorong pertumbuhan pinjaman.

Nafan merekomendasi buy on weakness untuk BBNI dengan target harga sebesar Rp 5.850 per saham. Kalau Nico merekomendasikan beli untuk BBNI dengan target harga sebesar Rp 5.650 per saham.

 

Selanjutnya: Cara Cek Keberangkatan Haji Online, Berapa Biaya Haji 2024?

Menarik Dibaca: Bisa Meningkatkan Suasana Hati, Ini 5 Manfaat Olahraga Plank Setiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×