Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengembangkan bisnisnya ke depan. Emiten e-commerce ini berfokus pada aspek pengembangan market place dan pemberdayaan mitra. Dalam hal ini, BUKA mengembangkan sejumlah fitur baru seperti agen logistik (pengiriman), dimana Mitra BUKA dapat menjadi agen pengiriman barang.
Teddy Oetomo, Presiden Bukalapak menuturkan, pengembangan fitur ini disesuaikan dengan karakteristik geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan. Hal ini juga turut membantu perusahaan jasa logistik untuk menciptakan kemerataan logistik di Indonesia.
Terlebih, BUKA saat ini sudah memiliki mitra lebih dari 8 juta unit. Dalam hal ini, BUKA menjalin kerjasama komersial dengan perusahaan logistik dengan memanfaatkan mitra Bukalapak.
“Fitur-fitur ke depan arahnya juga dikembangkan ke sana, bagaimana menambakan kapabilitas dengan mitra, dan bagaimana mereka mendapat uang lebih banyak sehingga ada benefit yang muncul,” terang Teddy dalam audiensi bersama Media, Kamis (14/10).
Baca Juga: EMTK-Grab-Bukalapak kompak garap ekosistem digital untuk UMKM di kota-kota kecil
Saat ini pangsa pasar (market share) mitra berada di atas 50%, sedangkan pangsa pasar kios toko pulsa masih di bawah 50%. Ke depan, dengan adanya sejumlah fitur dan pengembangan lain seperti logistik, Teddy optimistis hal ini bisa membuat UMKM tanah air menjadi lebih berkembang.
Keyakinan ini juga didasarkan pada loyalitas mitra BUKA. Teddy menjabarkan, sebanyak 90% mitra BUKA hanya menggunakan satu aplikasi saja (single apps).