Reporter: Wuwun Nafsiah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) tengah mempersiapkan strategi baru untuk menghadapi perkembangan teknologi telekomunikasi ke depan. Ke depan, EXCL akan menerapkan strategi mikroskop.
Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur EXCL menjelaskan, dengan strategi mikroskop EXCL akan melihat target market secara lebih detail. "Kami akan melihat kondisi ekonomi, konten yang dibutuhkan, dan prospek sesuai dengan wilayahnya. Untuk itu perlu tim dari marketing, finance, sales hingga network untuk terjun langsung melihat kondisi market," ujar Hasnul di Jakarta (7/1).
EXCL mempunyai lebih dari 100 tipe market. Untuk itu, perseroan akan memberi layanan sesuai kebutuhan di masing-masing wilayah. Tujuan utama EXCL adalah untuk meningkatkan layanan data. "Mengenai teknologinya, apakah 4G, 3G, atau 2G akan kami terapkan sesuai kebutuhan," imbuh Wakil Presiden Direktur EXCL, Dian Siswarini.
Peningkatan layanan data menjadi suatu strategi industri telekomunikasi seiring dengan adanya perkembangan teknologi. Ke depan EXCL akan mendorong strategi digital seperti e-sale, e-care, dan e-marketing.
Namun demikian, bisnis layanan data ternyata memiliki margin yang lebih rendah dibanding telepon seluler. Maka, EXCL perlu menekan cost.
Cara yang paling bagus, menurut Dian adalah sharing dengan operator lain, baik dari infrastruktur maupun frekuensi. "Kalau pemerintah memperbolehkan hal itu tentu kami sangat mendukung," ujarnya.
Selain itu, operator telekomunikasi bisa memilih cara kedua dengan menaikkan tarif pemakaian data. Cara ketiga, operator telekomunikasi bisa mengupayakan kenaikan volume trafik pengguna data.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News