kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas dan Paladium Ditutup Melemah, di Tengah Meredanya Ketegangan di Ukraina


Rabu, 16 Februari 2022 / 06:10 WIB
Emas dan Paladium Ditutup Melemah, di Tengah Meredanya Ketegangan di Ukraina
ILUSTRASI. Kilau emas mereda


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga emas jatuh dan tergelincir dari level tertingginya dalam beberapa bulan. Koreksi tajam juga terjadi pada paladium setelah Rusia mengumumkan telah menarik beberapa pasukannya dari perbatasan Ukraina.

Selasa (15/2), harga emas spot ditutup melemah 0,9% ke level US$ 1.853,61 per ons troi. Padahal, di sesi perdagangan Asia, emas sempat mencapai posisi tertinggi sejak Juni 2021 di US$ 1.879,48.

Setali tiga uang, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman April 2022 juga turun 0,7% menjadi US$ 1.856,20 per ons troi.

Sementara itu, harga paladium spot anjlok 5% usai ditutup di level US$ 2.253,53 per ons troi.

"Sebagai hasil dari de-eskalasi ringan di situasi Rusia-Ukraina, kami telah melihat sedikit kemunduran dalam produk safe-haven seperti emas," kata David Meger, Director of Metals Trading di High Ridge Futures.

Saham dan aset berisiko lainnya membuat pemulihan sederhana dan menghentikan aksi jual pasar yang sudah berjalan selama beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Harga Emas ke Level Tertinggi 8 Bulan, Mengkilap di Tengah Ketegangan Rusia-Ukraina

Sementara itu, data menunjukkan harga produsen AS meningkat lebih banyak dari yang diharapkan pada bulan Januari.

Data inflasi yang lebih panas dari perkiraan telah membebani pasar emas, karena dapat menyebabkan Federal Reserve melakukan kebijakan yang lebih hawkish.

Sementara emas batangan yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan risiko geopolitik, bakal mendapat tekanan ketiga kenaikan suku bunga membawa biaya peluang memegang emas batangan yang tidak menghasilkan.

Investor sekarang menunggu risalah dari kebijakan The Fed pada pertemuan bulan Januari yang rencananya dirilis hari ini.

Fund Fed Rate diproyeksi naik 50 basis dalam pertemuan kebijakan bank sentral bulan Maret mendatang.

Baca Juga: Wall Street Melonjak: Nasdaq, Dow Jones dan S&P 500 Disokong Reli Saham Teknologi

Di sisi lain, koreksi paladium yang capai 5% tersulut kekhawatiran gangguan pasokan karena konflik Rusia-Ukraina mereda.

"Rusia menyumbang 9% dari pasokan platinum primer, 35% dari produksi paladium primer dan 7% produksi rodium. Hal ini membuat paladium menjadi komoditas yang paling terpengaruh mengingat pasokannya konsentrasi dan ekspektasi kami akan pasar yang kekurangan pasokan tahun ini," kata Standard Chartered dalam sebuah catatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×